Mengapa Fans Real Betis Melempar Besi ke Joan Jordan? Ini Klarifikasinya

"Laga itu sempat ditunda sehari dan akhirnya dimenangkan Betis 2-1. Cek videonya!"

Analisis | 17 January 2022, 11:16
Mengapa Fans Real Betis Melempar Besi ke Joan Jordan? Ini Klarifikasinya

Libero.id - Real Betis akhirnya memenangkan Derby Andalusia melawan Sevilla pada babak 16 besar Copa del Rey, Minggu (16/1/2022) malam WIB. Skor 2-1 yang tercipta di Estadio Benito Villamarin merupakan kelanjutan duel sehari sebelumnya yang ditunda karena sebatang besi mengenai kepala Joan Jordan. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi dengan insiden itu? 

Dalam sejarah sepakbola, ada banyak momen dramatis yang tercipta. Bahkan, tidak jarang berakhir tragis di lapangan. Apalagi jika itu terjadi dalam momen pertandingan dua klub dari kota yang sama. Contohnya, pertandingan Betis dengan Sevilla.

Setelah kecaman datang bertubi-tubi kepada Los Verdilancos, klarifikasi dilakukan. Salah satu punggawa Betis, Cristian Tello, menyatakan bahwa insiden itu sebenarnya bisa dihindari jika Jordan tidak melakukan provokasi ke tribun. Jebolan Barcelona itu menyebut Jordan mengejek fans Betis.

Itu bukan ejekan biasa. Dia menepuk-nepuk wajahnya menggunakan tangan kanan. Itu seperti sebuah isyarat agar pendukung Betis melemparkan sesuatu ke wajah Jordan.

Beberapa jam setelah pertandingan dibatalkan, Tello memposting sebuah rekaman yang menunjukkan gelandang Sevilla tersebut mengejek suporter tuan rumah. Striker Betis, Borja Iglesias, kemudian merespons video itu dengan sinis. "Hanya saja pukulan ke wajah sangat pusing," tulis Iglesias.

Video tersebut adalah salah satu dari tiga tweet yang diposting Tello. Yang pertama adalah pernyataannya mengkritik mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu. Tapi, dia juga mengklaim bahwa para pemain Sevilla sangat ingin membuat pertandingan ditangguhkan.

Di unggahan kedua, pria Spanyol itu mengunggah rekaman untuk mencoba dan membuktikan pendapatnya dengan keterangan yang menyertainya yang berbunyi:  "gambar-gambar itu berbicara sendiri".

Komisi disiplin (Komdis) Asosiasi Sepakbola Spanyol (RFEF) memastikan akan menggelar sidang disiplin. Hukuman yang diancam kepada klub berseragam hijau tersebut berpeluang sangat berat. Selain denda, kemungkinan Betis dilarang menggelar laga dengan penonton selama beberapa pekan.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network