Meski Juara Liga Champions, Chelsea Malah Alami Kerugian di 2021, Kok Bisa?

"Bagi Roman Abramovich, ini hanya uang receh"

Berita | 15 January 2022, 08:04
Meski Juara Liga Champions, Chelsea Malah Alami Kerugian di 2021, Kok Bisa?

Libero.id - Chelsea telah mengumumkan kerugian setelah melakukan pembayaran pajak serta pembukuan akhir tahun sebesar £145,6 juta untuk tahun buku yang berakhir pada 30 Juni 2021.

The Blues melaporkan laba 36,4 juta poundsterling pada tahun sebelumnya, tetapi adanya pandemi COVID-19 berdampak signifikan pada keuangan klub.

Omset Chelsea naik dari £387,8 juta menjadi £416,8 juta karena peningkatan pendapatan dari hak siar, tetapi pendapatan pada hari H pertandingan turun dari $53,2 juta menjadi hanya £7,2 juta karena pertandingan dimainkan secara tertutup.

Juara Eropa itu juga gagal menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari pasar transfer, menghasilkan £27,9 juta dibandingkan dengan £142,6 juta pada tahun sebelumnya.

Akuisisi Romelu Lukaku dari Inter Milan menjadikan rekor termahal penandatangan pemain klub sebesar £97,5 juta terjadi pada 12 Agustus dan oleh karena itu tidak termasuk dalam hasil.

“Kehilangan pendapatan disebabkan oleh sebagian besar pertandingan 2020-21 yang berlangsung secara tertutup serta penurunan laba dari penjualan pemain dan peningkatan amortisasi pemain,” tulis laporan strategis Chelsea.

Laporan itu selanjutnya mengungkapkan ketergantungan Chelsea pada Fordstam Limited, yang dimiliki oleh Roman Abramovich untuk dukungan keuangan yang akan diperlukan untuk "masa depan yang dapat diperkirakan".

Laporan Chelsea juga menyatakan: "Pandemi COVID-19 telah menjadi masa yang sangat sulit bagi semua orang. Komunitas di seluruh dunia telah menghadapi tantangan luar biasa dan banyak keluarga kehilangan orang-orang terkasih.

“Baik klub dan Yayasan Chelsea termasuk staf, penggemar, dan komunitas luas telah memainkan peran penting dalam mencoba meringankan beberapa kesulitan yang dihadapi oleh kelompok dan keluarga rentan yang terkena dampak pandemi.”

Klub London kehilangan dua poin dalam hasil imbang 1-1 dengan Liverpool dalam pertandingan terakhir mereka tahu 2021. Kini, tim besutan Thomas Tuchel duduk sepuluh poin di belakang pemimpin Liga Premier, Manchester City setelah 21 pertandingan.

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network