Peringkat 5 Pemain Terbaik Piala Afrika 2021 dari Serie A

"Ada banyak pemain Afrika di Italia. Tapi, lima nama inilah yang terbaik."

Analisis | 13 January 2022, 05:47
Peringkat 5 Pemain Terbaik Piala Afrika 2021 dari Serie A

Libero.id - Piala Afrika 2021 bukan hanya sekedar ajang pertarungan bangsa-bangsa di benua tersebut. Ini juga persaingan setiap pemain untuk menunjukkan kelas mereka di level internasional.

Sejumlah pemain dari Afrika yang bermain di sepakbola Eropa pulang kampung demi membela bendera negaranya masing-masing. Salah satunya adalah mereka yang bermain di Serie A.

Seperti Inggris dan Spanyol, kompetisi Italia menyumbang banyak pemain yang tampil pada turnamen di Kamerun itu. Dan, pada turnamen kali ini, beberapa pemain Serie A mendapatkan izin tampil. Tapi, ada pula yang harus gigit jari karena harus kembali ke klub asalnya setelah dinyatakan terpapar Covid-19. Contohnya, Victor Osimhen.

Tapi, tetap saja masih ada banyak bintang Serie A yang bisa menghidupkan turnamen yang sudah berjalan satu putaran itu. Dan, berikut ini adalah peringkat 5 pemain terbaik Seria A yang tampil di Piala Afrika tahun ini:

5. Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly menjadi kapten Senegal di turnamen. Sebuah batu untuk Napoli. Dan, dengan 53 caps untuk The Lions of Teranga sejak debut internasionalnya pada 2015, bek tengah yang mengesankan ini akan memainkan pertandingannya yang ke-300 untuk I Partenopei ketika kembali dari Kamerun.

Mengingat skuad Senegal juga berisi orang-orang seperti Sadio Mane, Edouard Mendy, Ismaila Sarr, dan Idrissa Gueye, ada kemungkinan besar Koulibaly akan kembali ke Napoli setelah mengangkat Piala Afrika di Yaounde pada 6 Februari 2022.

Dan, pada laga perdana Senegal melawan Zimbabwe, Koulibaly harus absen karena masalah kebugaran. Dia hanya bisa menyaksikan Mane mencetak gol kemenangan 1-0 timnya lewat titik penalti di menit 90+7.

4. Franck Kessie

Gelandang AC Milan, Franck Kessie, adalah kekuatan pendorong bagi salah satu favorit turnamen lainnya, Pantai Gading. Pemain berusia 25 tahun itu berada di bursa dengan kontraknya di San Siro akan berakhir pada musim panas. Dan, mantan pelatih Inter Milan, Antonio Conte, dilaporkan melakukan segala yang dia bisa untuk membawa pemain dinamis itu ke Tottenham Hotspur.

Di Kamerun, Kessie tidak akan sendirian. Pantai Gading membutuhkan nama-nama seperti Eric Bailly, Wilfred Zaha, Nicolas Pepe, hingga Sebastien Haller.

3. Ismael Bennacer

Gelandang Aljazair, Ismael Bennacer, akan melawan rekan setimnya Kessie di Grup E. Pemain berusia 24 tahun itu telah bermain di Milan sejak bergabung dari Empoli pada 2019. Dia juga sudah tampil 89 kali untuk I Rossoneri di semua kompetisi.

Bersama Aljazair, dia memiliki 31 caps. Dan, saat Aljazair bermain imbang 0-0 dengan Sierra Leone pada pertandingan pertama, Rabu (12/1/2022) dini hari WIB, Bennacer absen karena menjalani akumulasi kartu kuning yang didapat sejak pertandingan sebelum turnamen. 

2. Sofyan Amrabat

Dengan Achraf Hakimi tergabung dalam skuad, Maroko dianggap sebagai salah satu kuda hitam untuk memenangkan Piala Afrika. Apalagi, jebolan Real Madrid Castilla itu semakin matang setelah meninggalkan Inter Milan untuk bergabung ke Paris Saint-Germain (PSG).

Tapi, Maroko bukan hanya Hakimi. Masih ada Sofyan Ambrabat di sektor penyerangan. Dia memang mendapatkan waktu bermain yang jauh lebih sedikit musim ini di Fiorentian di bawah Vincenzo Italiano. Tapi, pemain berusia 25 tahun itu tetap menjadi tokoh kunci bagi negaranya.

1. Andre-Frank Zambo Anguissa

Jika tuan rumah Kamerun memiliki kesempatan untuk mengangkat gelar Piala Afrika keenam, itu karena nama-nama pemain besar seperti Eric Maxim Choupo-Moting, Vincent Aboubakar, dan Andre-Frank Zambo Anguissa.

Dipinjamkan ke Napoli dari Fulham, Zambo Anguissa telah membuat 18 penampilan musim ini untuk I Partenopei yang sedang mengejar gelar. Itu akan menjadi dua kali lipat jika pemain asli Yaounde tersebut dapat mengamankan penghargaan tertinggi untuk klub dan negara sebelum masa pinjamannya di Napoli berakhir pada musim panas nanti.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network