Dani Alves: Saya Tahu Cara Menghentikan Vinicius, Yakin?

"Pertarungan sengit dua pemain Brasil di El Clasico"

Berita | 12 January 2022, 11:51
Dani Alves: Saya Tahu Cara Menghentikan Vinicius, Yakin?

Libero.id - Dua belas bulan yang lalu, Dani Alves berlatih dengan Sao Paulo saat hasil imbang yang mengecewakan dengan Athletico Paranaense dan kekalahan kandang 1-0 dalam derby San-Sao dari Santos.

Pada saat yang sama, Vinicius berada di tengah-tengah mandulnya ia bersama Real Madrid yang dimulai pada akhir Oktober dan tidak berakhir hingga 1 Maret.

Sekarang, mereka bersiap untuk saling berhadapan di semifinal Supercopa de Espana, dengan Alves kembali ke Barca. Sedangkan, Vinicius mungkin salah satu dari dua pemain terbaik di La Liga.

Wajar untuk mengatakan bahwa, pada titik ini tahun lalu, ada kekhawatiran yang berkembang bahwa Vinicius tidak akan menjadi pemain yang diharapkan atau diprediksi banyak orang menjadi superstar.

Ketika dia masih berusia 20 tahun, dia tampaknya tidak berkembang banyak sejak bergabung dari Flamengo pada 2018. Bahkan, dia tampil sebaliknya, hal ini membuat desas-desus mulai berputar tentang masa depannya.

Namun, pemain Brasil itu berhasil mengembalikan dirinya ke jalur yang benar. Bersama Karim Benzema, ia membuat duo paling menakitkan di Liga Spanyol musim ini. Kedua pemain tersebut kini memuncaki daftar topskor La Liga, yang membuat Real Madrid kokoh di puncak.

Pertama dan terpenting, perolehan 12 gol Vinicius sudah tiga kali lipat dari rekor terbaiknya sebelumnya dalam satu musim La Liga, dan dia masih punya hampir setengah musim tersisa.

Tidak diragukan lagi, kepercayaan Carlo Ancelotti berperan penting untuk perkembangan Vini.  Zinedine Zidane tidak pernah benar-benar memberi kesan bahwa dia memiliki keyakinan mutlak pada Vinicius, tetapi pelatih asal Italia itu teguh dalam hal itu sejak dia dipercaya pegang Madrid untuk kedua kalinya.

Vinicius layak mendapat pujian paling banyak. Dia menunjukkan lebih banyak kedewasaan dalam permainannya.  Dia berubah dari menjadi pemain yang paling membuat frustrasi, karena keegoisannya di lapangan menjadi sangat sering menjadi yang paling menentukan dengan gol ataupun assistnya.

Gol yang diharapkan per 90 menit naik menjadi 0,49 dari 0,3. Ini menunjukkan bahwa dia secara umum masuk ke posisi yang lebih baik daripada sebelumnya, tetapi yang lebih penting adalah fakta bahwa dia rata-rata mencetak 0,67 gol selama periode yang sama.

Musim lalu angka itu hanya 0,14, kira-kira setengah dari yang dia capai musim ini, hal ini membuktikan bahwa pengambilan keputusan dan ketenangannya berada pada level yang cukup rendah.

Vinicius juga lebih sering menciptakan peluang (1,9 per 90 menit, naik dari 1,5), tetapi peningkatan terbesarnya jelas dalam keputusannya di depan gawang. Di mana, ia sekarang lebih efektif dan tajam.

Dia beralih dari menyia-nyiakan peluang yang seharusnya tidak dia lakukan, menjadi lebih sering mencetak gol.

Gol pertamanya dalam kemenangan 4-1 baru-baru ini atas Valencia adalah pertunjukan yang menarik dari insting striker barunya. Dia tidak hanya melanjutkan larinya setelah melepaskan umpan ke Karim Benzema, tapi dia kemudian membuat keberuntungannya sendiri saat mendapat bola yang melewati kerumunan, sebelum dengan dingin menaruh bola ke pjok bawah gawang.

Meskipun itu bukan gol yang luar biasa, sulit membayangkan bagian itu berjalan dengan cara yang sama musim lalu. Keyakinan melahirkan kepercayaan diri, dan dia terlihat hampir tak terbendung.

Dengan mengingat hal itu, pria yang akan dia hadapi di semifinal Supercopa de Espana mungkin akan membuat dirinya lebih tertantang.

Ya, Vini akan menghadapi salah satu wing back terbaik sepanjang sejarah, Dani Alves. Dengan segala pengalamannya, Alves bakal jadi lawang yang berat buat Vinicius. Ini tentu saja akan menjadi Clasico pertamanya sejak kembali ke klub pada bulan November.

Di atas segalanya, pertandingan El Clasico seharusnya memberi Xavi pemahaman tentang apa yang menjadi batas maksimal pemain berusia 38 tahun itu.

Sepertinya dia tidak akan terganggu jika harus berduel dengan Vinicius, meskipun dia menyadari standar tinggi yang dimainkan rekan senegaranya sekarang.

Jika Vinicius dapat dibungkam, peluang kemenangan Barca akan meningkat, dan sama sekali tidak aneh untuk mengatakan bahwa permainan ini bisa menjadi titik balik di musim mereka, seperti yang dikatakan Xavi dalam konferensi pers pra-pertandingannya.

Kemenangan akan membuat kepercayaan diri pemain Barca meningkat, ini penting untuk melanjutkan sisa musim ini. Di mana, mereka menargetkan masuk 4 besar.

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network