Peringkat 11 Transfer Aneh Rafael Benitez Selama Jadi Pelatih

"Nomor 3 pernah mengalami cedera patah kaki."

Analisis | 10 January 2022, 03:37
Peringkat 11 Transfer Aneh Rafael Benitez Selama Jadi Pelatih

Libero.id - Rafael Benitez memiliki karier yang sangat sukses lebih dari 20 tahun sebagai pelatih. Pelatih berpaspor Spanyol itu memenangkan lebih dari 10 trofi utama di beberapa klub top Eropa.

Kiprahnya yang paling sukses adalah ketika melatih Valencia dan Liverpool, di mana dia memenangkan dua gelar La Liga, Piala UEFA, Piala FA, dan Liga Champions. Benitez membangun tim yang siap bersaing untuk penghargaan terbesar apapun.

Namun, setiap pelatih memiliki riwayat transfer alias belanja pemain yang bisa dikatakan buruk. Bahkan, membuat semua orang menggaruk kepala mengapa dia bisa membeli pemain tersebut.

Dalam rangka itu, kami telah memberi peringkat 11 riwayat transfer paling aneh yang dilakukan Benitez. Dari yang cukup aneh hingga yang cukup gila yang dilakukan Benitez ketika masih melatih klub manapun:

11. Scott Carson

Carson adalah pemain yang bagus saat masih di Leeds United. Tetapi, ketika kontraknya hampir habis, Liverpool membawanya sebagai pesaing untuk Jerzy Dudek meskipun Leeds menawarkannya kontrak jangka panjang.

Pemain berusia 19 tahun itu bergabung pada Januari 2005, menghabiskan sebagian besar musimnya di bangku cadangan. Tetapi, Carson sempat bermain dalam kemenangan perempat final Liga Champions melawan Juventus.

Dia kemudian menghabiskan tiga musim berikutnya dengan status pinjaman di Sheffield Wednesday, Charlton Athletic, dan Aston Villa, bahkan memperkuat skuad Inggris berkat penampilannya yang bagus.

Benitez menyatakan bahwa dia ingin mempertahankan Carson, tetapi akhirnya menjualnya ke West Brom seharga 3 juta pounds pada 2008. Carson hanya membuat sembilan penampilan di Liverpool dalam empat tahun. Dia pergi sebagai pemenang Liga Champions.

10. Hibah Hanley

Kapten Blackburn Rovers ini bergabung dengan Newcastle di divisi Championship waktu itu dengan harga sekitar 6 juta pounds, tetapi hanya bermain 10 pertandingan saat Newcastle dipromosikan.

Dia kemudian dijual ke Norwich pada musim berikutnya dengan harga sekitar setengah dari biaya tersebut.

Pemain timnas Skotlandia itu telah sukses di Norwich, bermain lebih dari 120 pertandingan untuk klub, menimbulkan pertanyaan mengapa dia tidak diberi lebih banyak kesempatan di Newcastle.

9. Achraf Lazaar

Benitez harus membangun kembali skuad Newcastle setelah terdegradasi ke Championship pada 2016, dan mengontrak bek kiri timnas Maroko berusia 24 tahun, Lazaar, dari Palermo seharga 2,5 juta pounds dengan kontrak lima tahun.

10 penampilan dan tiga masa pinjaman diikuti sebelum kontraknya diakhiri pada 2021. Aneh dari awal sampai akhir.

8. Michu

Michu pernah menjadi pemain bintang di Liga Premier, terutama selama satu musim kejayaannya di Swansea City. Tetapi, musim kedua yang dilanda cedera berarti sudah waktunya untuk tantangan baru.

Napoli meminjamnya pada 2014, bersama sesama pemenang Piala Liga, Swansea, Jonathan De Guzman, yang bergabung dengan status transfer permanen dari Villarreal.

Pemain berusia 28 tahun itu tidak menunjukkan tanda-tanda pulih dari performa sebelumnya, bermain hanya enam kali sepanjang musim tanpa mencetak gol. Dia kembali ke Swansea sebelum kontraknya diakhiri pada 2015.

Pertaruhan yang relatif bebas risiko, tetapi tidak membuahkan hasil bagi Benitez.

7. Yoshinori Muto

Benitez mengincar seorang striker pada musim panas 2018 setelah Newcastle menjual Aleksandar Mitrovic ke Fulham, dan menandatangani Muto dari FC Mainz dengan harga hampir 10 juta pounds.

Pemain timnas Jepang berusia 26 tahun itu telah mencetak 23 gol untuk Mainz dalam 72 penampilan, tetapi hanya berhasil mencetak satu gol di Liga Inggris dalam 25 penampilan di Newcastle.

Satu gol itu memang datang di Old Trafford, membuat Newcastle unggul 2-0, sebelum kalah 3-2 dari Manchester United. Dan, tidak ada yang datang setelahnya.

Setelah dua musim, Newcastle meminjamkan Muto ke FC Eibar, sebelum saling mengakhiri kontraknya setahun kemudian. Secara keseluruhan tidak ada yang diperoleh dari kesepakatan yang relatif mahal itu untuk klub.

6. Robbie Keane

Ketika Liverpool mengontrak Keane dari Spurs dengan harga sekitar 19 juta pounds pada Juli 2008, tidak ada yang menganggapnya sebagai penandatanganan yang aneh sama sekali. Kapten klub Spurs itu baru saja memenangkan Piala Liga, dan mencetak 80 gol dalam 158 penampilan liga di London Utara.

Keane masuk dalam daftar ini karena apa yang terjadi selanjutnya. Setelah enam bulan di Liverpool, yang dia dukung sebagai seorang anak, Keane kembali ke Tottenham untuk 12 juta pounds, atau kurang 7 juta pounds dari yang dibayarkan Liverpool sebelumnya.

Keane mencetak tujuh gol dan memberikan empat assist dalam 28 penampilan, dan banyak yang merasa bahwa dia tidak diberi waktu untuk beradaptasi di bawah asuhan Benitez.

5. Salomon Rondon

Benitez sebenarnya telah menandatangani Rondon untuk tiga klub berbeda: Newcastle, Dalian Professional, dan Everton. Penandatanganan Rondon di Everton adalah alasan dia masuk dalam daftar ini.

Seorang striker andal selama waktunya di Newcastle, bahkan memenangkan penghargaan Player of the Year musim 2018/2019. Dia bergabung dengan Benitez di China di Dalian, sebelum kemudian mengikuti manajernya ke Everton, menandatangani kontrak bebas transfer pada 2021.

Penggemar Everton jauh dari senang dengan transfer tersebut, apalagi penandatanganan Rondon di usia 32 tahun bukan tentang masa depan. Dengan hanya satu gol dalam delapan penampilan, dia dikritik habis-habisan selama performa buruk Everton, yang membuat mereka hanya meraih satu kemenangan dalam 12 pertandingan liga.

4. Joselu

Ada banyak kejutan ketika Benitez membawa Joselu ke Newcastle dari Stoke City dengan harga sekitar 5 juta pounds pada 2017. Padahal, dia adalah seorang striker yang tidak bisa mencetak gol.

Joselu akhirnya bermain 52 pertandingan untuk klub, dan mencetak tujuh gol dalam waktu itu. Meskipun dia bekerja keras, dia tidak cocok sejak awal, dan meninggalkan klub dengan harga sekitar 2 juta pounds hanya dua musim setelah kedatangannya.

3. Djibril Cisse

Benitez menghabiskan 15 juta pounds untuk membawa Cisse ke Anfield pada 2004, yang pada saat itu tidak terlalu mengejutkan. Dia telah mencetak 70 gol di Ligue 1 bersama Auxerre, termasuk memenangkan sepatu emas di musim terakhirnya.

Cedera parah membuat Cisse absen untuk waktu yang lama di musim pertamanya, yang berarti dia hanya mencetak lima gol, meskipun dia mencetak penalti penting dalam adu penalti di final Liga Champions, mengabadikannya dalam sejarah Liverpool.

Namun, striker tidak pernah benar-benar pergi di Liverpool, dan meninggalkan klub setelah hanya dua musim.

Banyak keanehan di sekitar Cisse muncul di luar lapangan. Orang Prancis itu membeli sebuah rumah di Cheshire, yang memberinya gelar 'Lord of the Manor of Frodsham' sementara juga muncul dalam film komedi Prancis Taxi 4.

Cisse kemudian bermain untuk 14 klub berbeda, dan secara khusus merayakan kemenangan terkenal Manchester City atas QPR untuk memenangkan gelar liga. Padahal, Cisse merupakan pemain QPR saat itu.

2. Jermaine Pennant

Pemain sayap muda yang pernah hilang membuat langkah mengejutkan ke Liverpool dari Birmingham City pada 2006. Dia bergabung ke Anfield menyusul degradasi Birmingham dari Liga Premier.

Dia awalnya bergabung dengan Birmingham seharga 3 juta pounds di musim panas sebelumnya, dan Liverpool secara mengejutkan menggandakannya. The Reds membayar biaya yang naik menjadi 8 juta pounds untuk jasanya.

Pennant memang memiliki momen bagus ketika seragam Liverpool, tetapi itu hanya sebatas mencetak tiga gol dalam 81 penampilan. Dia akhirnya dipinjamkan ke Portsmouth sebelum pergi dengan biaya gratis.

Agar adil bagi Rafa, Steven Gerrard juga berperan dalam transfer tersebut.

1. David N'Gog

Menandatangani kontrak dengan Liverpool dengan harga di bawah 2 juta pounds dari PSG pada 2008. Ini bukan transfer yang mahal, tetapi striker Prancis itu kelewat tidak konsisten.

N'Gog hanya mencetak 19 gol dalam 94 pertandingan untuk klub, tetapi Liverpool akhirnya mendapat untung ketika dia pindah ke Bolton Wanderers seharga 4 juta pounds pada 2011.

Ada tanda tanya sejak dia menandatangani kontrak, karena dengan hanya satu gol dalam 18 penampilan untuk PSG, banyak yang khawatir bahwa striker itu tidak berada pada level yang dibutuhkan untuk menjadi pelapis bagi Fernando Torres.

Dan, terbukti N'Gog tidak pernah menunjukkan kemampuannya untuk menjadi starter bagi klub. Benitez mungkin akan melihat kembali penandatanganan ini dengan penyesalan bahwa dia tidak memilih penyerang yang lebih berpengalaman, meskipun dengan biaya rendah.

Gagal mencetak lebih dari lima gol dalam satu musim liga untuk klub, N'Gog meninggalkan klub sebagai sosok lelucon.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network