Marselino Ferdinan, Calon Bintang Indonesia di Piala AFF U-23 2022

"Usianya baru 17 tahun. Tapi, sudah jadi pemain berkualitas di Liga 1. Ini profilnya."

Biografi | 07 January 2022, 14:04
Marselino Ferdinan, Calon Bintang Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Libero.id - Penampilan hebat Marselino Ferdinan saat Persebaya Surabaya mengalahkan Bali United 3-1, Rabu (5/1/2022) malam, seharusnya membuat tiket tim nasional Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022 dikantongi. Apalagi, itu bukan kali pertama pemuda berusia 17 tahun tersebut menggila bersama Bajol Ijo.

Seperti beberapa pemain muda Indonesia yang tergabung ke skuad Piala AFF 2020, Marselino juga baru menjalani musim perdana di sepakbola profesional setelah beberapa tahun di tim junior Persebaya.

Marselino mendapatkan kesempatan bermain berkat kejelian Aji Santoso selaku pelatih Persebaya. Mantan bek kiri itu memberi Marselino debut saat Persebaya mengalahkan Persikabo 1973 3-1 pada pekan kedua Liga 1 2021/2022. Dia masuk menit 65 menggantikan Bruno Moreira.

Setelah itu, Aji kembali memainkan Marselino. Kemudian, saat Bajol Ijo menghadapi pertandingan sarat gengsi kontra Arema FC, dia mencetak gol profesional perdananya untuk Persebaya. Hebatnya, itu menyelamatkan Persebaya dari kekalahan. Skor akhir 2-2.

Ternyata, sepak terjang Marselino semakin menggila setelah pertandingan Liga 1 berlanjut pascalibur Natal-Tahun Baru. Terbaru, Marselino mencetak gol saat Persebaya mengalahkan Bali United 3-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. Dia juga berperan pada dua gol Bajol Ijo lainnya. Jika ditotal, Marselino memproduksi tiga gol dan empat assist.

Di usia remaja, Marselino tidak terlihat grogi saat menghadapi pemain-pemain lawan yang lebih senior, yang beberapa diantaranya sudah berkepala tiga.

"Kalau ada pemain Persebaya main di luar negeri tentunya saya bersama manajemen pasti dukung. Itu akan mempertajam atau meningkatkan kualitas pemain tersebut. Jadi, saya pribadi dukung, manajemen juga yakin pasti akan dukung," kata Aji saat ditanya tentang kemungkinan kehilangan Marselino pada sua saat nanti.

Dengan usia yang masih muda dan penampilan bagusnya, potensi Marselino mengikuti jejak Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, atau Asnawi Mangkualam main di luar Indonesia terbentang sangat luas di depan mata. Apalagi dia dirinya mampu bermain bagus bersama timnas.

Sebenarnya, Marselino merupakan pemain andalan timnas U-16 pada Piala AFF U-16 2019. Pada ajang tersebut ia mampu mencetak lima gol. Tapi, dia gagal membawa Indonesia menjadi juara setelah kalah di semifinal. 

Kiprah Marselino bersama timnas berlanjut. Dia dipanggil Shin Tae-yong pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di Uzbekistan, 26 dan 29 Oktober 2021. Saat itu, Indonesia gagal lolos ke putaran final setelah dikalahkan Australia dengan agregat 2-4 (1-3, 0-1).

Namun, Marselino tidak perlu khawatir. Pasalnya, agenda timnas junior sangat banyak pada tahun ini. Bulan depan, Timnas U-23 akan menghadapi Piala AFF U-23 di Kamboja. Lalu, pada pertengahan tahun, SEA Games 2021 yang mundur ke 2022 akan berlangsung di Vietnam. 

Dengan apa yang ditunjukkan bersama Persebaya musim ini, kemungkinan Marselino akan mendapatkan kesempatan bermain di timnas U-23. Itu sekaligus juga untuk memberikan jam terbang sebelum Marselino dan pemain-pemain seusianya tampil di Piala Dunia U-20 2023. 

"Akan ada lima sampai enam pemain dari tim junior (U-18) itu (yang akan dipanggil ke timnas U-23)," ujar Tae-yong saat menjelaskan pemanggilan pemain untuk Piala AFF U-23.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network