Selamat Ulang Tahun!

9 Teknik Sepakbola yang Dinamai dari Pemain

"Nomor 8 adalah bapaknya trik penalti."

Analisis | 07 January 2022, 13:45
9 Teknik Sepakbola yang Dinamai dari Pemain

Libero.id - Sebagaimana jenis olahraga lainnya, sepakbola juga memiliki berbagai teknik yang harus diketahui para pemain pesepakbola. Secara umum paling tidak terdapat 10 teknik dasar, seperti dribbling, shooting, passing, dan lainnya.

Namun, seiring berkembang pesatnya olahraga ini menjadi paling populer di dunia, berbagai teknik baru muncul hingga diperlihatkan di lapangan. Menariknya, teknik ini muncul dari para pemain profesional, hingga tidak salah beberapa teknik langsung dinamai dengan nama pemain yang pertama kali mempopulerkannya.

Pada catatan itu, berikut 9 pemain yang menemukan teknik atau gerakan keterampilan ikonik yang mereka ciptakan.

9. Johan Cruyff/Cruyff Turn

Para fans di seluruh dunia terdiam pada Juni 1974 ketika Johan Cruyff memperlihatkan teknik khas yang membuat bek Swedia, Jan Olsson, terlupakan. Cruyff melakukan perubahan arah yang tajam.

Aksi ini belum pernah terlihat di lapangan sepakbola sebelumnya. Sejak momen ikonik itu, banyak yang menjadi korban 'Cruyff turn' yang terkenal dan itu telah menjadi salah satu trik permainan paling dikenal.

Anak-anak di seluruh dunia diajari manuver dalam sesi latihan pertama mereka, yang merupakan bukti betapa pentingnya gerakan itu dan betapa hebatnya perintis sepakbola mendiang Cruyff yang hebat itu. Gerakan keterampilan selalu menjadi polarisasi di dunia sepakbola.

10 Foto Wags yang Eksis di Era 90-an

10 Foto Wags yang Eksis di Era 90-an

8. Antonin Panenka - Penalti Panenka

Tidak semua keterampilan datang dalam bentuk mempermalukan lawan dalam permainan terbuka.
Serupa dengan bagaimana Cruyff mengejutkan dunia pada 1974, legenda Republik Ceko, Antonin Panenka, mengejutkan penonton di Euro 1976 dengan penaltinya yang berani.

Final turnamen antara Jerman Barat dan Cekoslowakia harus melalui adu penalti. Panenka melangkah dan berlari ke arah bola, sebelum dengan halus memasukkannya ke belakang gawang saat kiper Sepp Maier terjatuh ke tanah, memenangkan turnamen untuk negaranya.

Teknik ini menjadi populer sejak pemain di seluruh dunia mencobanya di semua tingkatan, tentu dengan berbagai tingkat keberhasilan.

7. Diego Maradona – Maradona Turn/Roulette

Roulette disebut beberapa hal tergantung di mana Anda berada di dunia. Beberapa menyebutnya Zidane turn, yang lain roulette, tetapi skill ‘turn’ itu sebenarnya dikembangkan oleh orang Prancis, Yves Marriot, di era 1970-an.

Maradona dan Zidane mempopulerkan langkah tersebut, dan membuatnya sangat menarik untuk ditonton. Aksi ‘turn’ melibatkan pemain memutar bola dengan satu kaki, kemudian berputar lebih jauh dengan yang lain, memungkinkan mereka untuk mengubah arah dan melewati lawan dengan kecepatan.

Kata-kata tidak melakukan keadilan. Dan, sejujurnya, tidak ada orang selain dua pemain yang disebutkan di atas, tidak peduli berapa banyak orang yang berpikir bahwa mereka telah melakukannya di kebun belakang mereka.

6. Carlos Costly - Costlyna

Carlos Costly paling menonjol dalam kariernya ketika bertugas di Birmingham, yang berlangsung sekitar enam bulan pada 2009.

Sementara kariernya tidak banyak diingat, dia mendapat kehormatan memiliki keahlian yang akhirnya diplot atas namanya, 'Costlyna'. Mahal mematenkan langkah, yang melibatkan dia memperlambat, berpura-pura menyeret bola ke belakang dengan kakinya dan kemudian mempercepat menjauh dari pemain bertahan.

Pria yang sekarang berusia 38 tahun itu sebenarnya kurang menonjol jika ingin bicara sejujurnya, tapi fakta itulah yang membuatnya semakin mempesona.

5. Cuauhtemoc Blanco - Blanco Hop

Lain lagi dengan status sedikit tidak berguna, tetapi satu ini begitu brilian untuk menonton gerakan keterampilan Cuauhtemoc Blanco memberi penggemar aksi dengan Blanco Hop di Piala Dunia 1998.

Saat dikelilingi oleh para pemain bertahan, Blanco akan menjebak bola di antara kakinya sebelum melompat keluar dari bahaya dan terus menggiring bola sekali lagi. FIFA menyukai yang satu ini.

4. Dimitar Berbatov - Berba Spin

Di atas adalah beberapa pria paling keren dalam sepakbola - dan mungkin Dimitar Berbatov salah satunya ketika permainannya menyenangkan untuk ditonton.

Ketika dia sedang dalam mood, Berbatov adalah penggebrak dunia dan menghasilkan beberapa momen yang menggetarkan. Aksi Spin Berba lahir di Manchester United. Pemain Bulgaria itu berlari sendiri ke pinggir lapangan lawan sebelum dengan cepat memotong 90 derajat dan menusuknya melalui kaki bek untuk melewati mereka, semuanya dalam satu gerakan halus.

3. Aidan McGeady - McGeady Spin

Memang, tidak ada banyak perbedaan antara putaran McGeady dan putaran Berba. Ini sedikit seperti bagaimana Bom Batista tidak sama dengan bom kekuatan. Sangat mirip, tetapi perbedaannya di sini adalah bahwa McGeady mempertahankan banyak kecepatannya di mana Berbatov melambat, dan menjentikkan bola ke kakinya yang lain di pintu keluar.

2. Cristiano Ronaldo - Ronaldo Chop

Potongan terkenal Cristiano Ronaldo mungkin bisa dianggap sebagai adik laki-laki Cruyff yang lebih keren dibanding yang lain. Dengan cara yang sangat mirip, Ronaldo dengan cepat mengubah arah dengan menyodok bola ke bagian belakang dirinya, tetapi melakukannya dengan lebih agresif dan kecepatan, maka 'memotong'. Sekali lagi, para pemain dunia menyukai yang satu ini.

1. Yannick Bolasie - Bolasie

Daftar ini dilengkapi oleh Yannick Bolassie. Bolassie telah berjuang sejak pindah ke Everton dan sekarang menemukan dirinya dipinjamkan ke Sporting CP, tetapi film Bolasie akan selamanya dikenang karena absurditasnya.

Dikenal karena gerak kakinya yang rapi, Bolasie dengan terkenal menyeret bola ke belakang sebelum melontarkannya ke kakinya yang lain, yang melepaskannya dari bek dan memungkinkannya untuk berputar menjauh.

(atmaja wijaya/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qKX8l_11M3A

Artikel Pilihan


Daun Media Network