Semua yang Perlu Diketahui Tentang Mateo Fernandez, Wonderkid Leeds United

"Kenapa Barcelona dan Man City begitu tertarik."

Analisis | 06 January 2022, 15:22
Semua yang Perlu Diketahui Tentang Mateo Fernandez, Wonderkid Leeds United

Libero.id - Begitu muncul sosok talenta muda berbakat, maka calon bintang sepakbola itu akan selalu menjadi rebutan beberapa klub besar. Pemain muda kerap dijadikan investasi mereka di masa depan.

Mateo Fernandez adalah salah satu pemain yang menyandang status wonderkid. Dan, Leeds United beruntung memilikinya.

Leeds telah mengumumkan penandatanganan Mateo Joseph Fernandez setelah dia berhasil memboyongnya dari Espanyol. Kini, Fernandez tinggal menunggu waktu untuk menjalani debutnya di Liga Premier.

Remaja itu telah dikaitkan dengan sejumlah klub dalam beberapa bulan terakhir, termasuk Barcelona dan Manchester City.  Tetapi, skuad berseragam putih asuhan Marcelo Bielsa itu berhasil mendapatkan tanda tangannya.

Fernandez, remaja yang berperingkat tinggi tampaknya akan mendukung tim U-23 Leeds dalam beberapa bulan mendatang, tetapi para pemain seperti Pascal Struijk, Illan Meslier, dan Joe Gelhardt telah membuktikan bahwa ada jalan menuju tim utama Bielsa.

Nah, tentu Anda bertanya siapa sih Mateo Fernandez? Sampai Barcelona dan Manchester City turut bersaing memperebutkannya.

Tanpa basa-basi lagi, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang wonderkid milik Leeds tersebut.

Karier Mateo Fernandez

Mateo Fernandez adalah pemain yang lahir di Spanyol dari keluarga Inggris pada Oktober 2001. Seperti dalam sebuah lirik Can't Get You Out of My Head oleh Kylie Minogue, Fernandez adalah No.1 pada saat itu. Fernandez terus mengembangkan keterampilannya di akademi Espanyol.

Sebagai seorang striker, Fernandez mulai menarik perhatian selama musim 2018/2019. Dia menghasilkan 15 gol dalam 13 pertandingan untuk Espanyol Cadete. Dia meniti karier dengan membuat langkah ke Espanyol B Juvenil, di mana dia mencetak 15 gol dalam 22 penampilan selama musim 2019/2020.

Saingan sekota Espanyol, Barcelona, dilaporkan melakukan pendekatan untuk membelinya pada musim panas 2020, tepatnya ketika dia berusia 16 tahun, tetapi dia akhirnya memilih tetap bertahan.

Setelah melakukannya dengan baik untuk mengidentifikasi pemain seperti Pedri, Gavi, Ansu Fati, dan Ronald Aruojo di musim terakhir, Barcelona menunjukkan minat mereka terhadap sekumpulan pasukan muda.

Kembali pada Oktober, jurnalis Spanyol Diego Balbotin awalnya menyampaikan berita bahwa manajemen Leeds dan pihak Fernandez telah mencapai kesepakatan.

Setelah berbulan-bulan negosiasi, Leeds telah menyegel kesepakatan dengan biaya 900.000 pounds (Rp 17,5 miliar) sebagaimana dilaporkan (TEAMtalk). Striker muda itu telah menandatangani kontrak tiga setengah tahun hingga musim panas 2025.

Gaya Bermain

Detail dan cuplikan Fernandez sangat langka karena penampilannya sejauh ini terbatas pada tim junior. Sampai sekarang dia belum melakukan debut di tim utama. Namun, beberapa laporan telah mengklaim dia bisa menjadi 'Sergio Aguero berikutnya', tetapi seperti biasa dengan klaim seperti itu, ada baiknya tidak cepat untuk berekspektasi terlalu jauh.

Dia digambarkan sebagai orang yang ahli secara teknis dan kuat secara fisik, tetapi hal utama yang menonjol adalah kemampuannya untuk mencetak gol – dia mencetak 40 gol selama kampanye terobosan 2016/2017 dan mencetak hat-trick melawan tim akademi Barcelona pada Maret.

Fernandez mencetak 14 gol dalam 21 penampilan di Segunda B Spanyol untuk tim cadangan pemuda Espanyol musim lalu, dengan rata-rata satu gol setiap 112 menit.

Namun, dia telah dibekukan dan belum bermain pada 2021/2022 sejauh ini – diduga karena perselisihan kontrak dengan mantan timnya.

Apa yang telah dikatakan

“Mateo sedang dalam perjalanan ke Liga Premier. Barcelona mencoba mengontraknya di musim panas, tetapi tidak memenuhi tuntutan keuangan Espanyol,” kata jurnalis Olahraga Albert Roge.

“Hasil ini, tentu saja, bukan yang diinginkan klub. Dalam dirinya ada penyesalan atas kepergian sang pemain, yang cepat atau lambat akan terjadi. Dia dianggap sebagai pemain dengan potensi besar dan jika dia setuju untuk memperbarui, dia akan menjadi bagian dari pramusim tim utama di bawah Vicente Moreno,” klaim Javier Rodriguez Alonso di Grada3.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Leeds United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network