Jadi Pahlawan Barcelona, Xavi Ingin Luuk De Jong Bertahan

"Luuk De Jong tampil apik di awal tahun"

Berita | 03 January 2022, 12:00
Jadi Pahlawan Barcelona, Xavi Ingin Luuk De Jong Bertahan

Libero.id - Xavi telah menyarankan Luuk de Jong untuk tetap tinggal di Barcelona, setelah memberi timnya tiga poin penting melawan Real Mallorca. Pemain Belanda menjadi pencetak gol semata wayang Blaugrana.

Pinjaman De Jong dari Sevilla diperkirakan akan dihentikan Januari ini. Di mana, pemain depan itu dikabarkan bakal bergabung dengan sesama klub LaLiga, Cadiz untuk sisa musim ini.

Namun, pemain pemain berpostur jangkung itu dipasang Xavi kala jumpa Mallorca saat Barca kembali beraksi pada Minggu, karena badai kasus COVID-19 di kubu Barcelona.

Setelah dua kali membentur mistar gawang, De Jong akhirnya mencetak gol keduanya di liga musim ini melalui sundulan pada menit ke-44 untuk memastikan kemenangan 1-0 tim Catalan.

Dengan melakukan itu, ia menjadi pemain Barca pertama selain Lionel Messi yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan LaLiga sejak Agustus 2019.

Sementara, Xavi masih menunggu pemain lain untuk kembali bugar, pelatih yang baru-baru ini ditunjuk untuk menggantikan Koeman, mengisyaratkan De Jong mungkin akan tetap di Camp Nou selama sisa 2021-22.

“Dia adalah contoh seorang profesional,” kata Xavi pada konferensi pers pasca-pertandingan.  "Dikatakan dia bisa keluar, tetapi dia bekerja, dia mengorbankan dirinya sendiri. Dia adalah seorang profesional yang hebat.

“Saya senang dengannya. Tentu saja saya mempertimbangkan dia bertahan karena hari ini dia berguna bagi kami. Dia adalah contoh bagi semua orang.

"Tergantung bagaimana Anda berlatih, Anda akan bermain. Kami akan melihat masa depan. Kami akan melihat apakah ada jalan keluar dan masuk. Tapi itu semua hanyalah hipotesis."

De Jong telah mencetak delapan gol sundulan di semua kompetisi sejak musim 2019-20, rekor yang hanya dilampaui oleh Karim Benzema (13), Ante Budimir (11) dan Youssef En-Nesyri (sembilan) di antara para pemain LaLiga di semua kompetisi.

Itu juga merupakan gol sundulan ketujuh Barca di LaLiga musim ini, yang merupakan gol terbanyak dari tim mana pun dan jumlah yang sama yang mereka capai dalam 38 pertandingan liga terakhir kali.

Momen penentu kemenangan itu membantu Barca meraih kemenangan kedua dalam enam pertandingan di semua kompetisi saat mereka naik ke urutan kelima di LaLiga dan hanya terpaut satu poin dari Atletico Madrid yang berada di urutan keempat.

Xavi senang dengan semangat juang yang ditunjukkan oleh timnya, meskipun kemenangan tidak akan mungkin terjadi jika bukan karena penyelamatan mengesankan dari Marc-Andre ter Stegen untuk menggagalkan upaya Juame Costa di masa tambahan waktu.

"Ada tiga poin emas," katanya.  “Cara kami bermain, dan situasi yang kami mainkan, ini adalah kemenangan keluarga. Kami telah menunjukkan bahwa kami tahu bagaimana menderita.

“Kami memiliki babak pertama yang sangat bagus dan menunjukkan banyak kepribadian. Kami sedang naik daun.

“Kami ingin pertandingan dihentikan tetapi saya bangga dengan tim, dan bangga dengan Marc. Kami membutuhkannya. Dia menghentikan gol di akhir dan menyelamatkan kami.

"Tetapi para pemain muda di tim juga banyak membantu kami. Mereka memiliki mentalitas yang tepat dan siap. Tiga poin ini menempatkan kami dalam perebutan posisi teratas."

Libero.id

Pemain muda Barcelona Riqui Puiq

Riqui Puig adalah salah satu dari banyak pemain muda yang dipamerkan untuk Barca, produk akademi membuat penampilannya yang ke-50 untuk klub di semua kompetisi.

Dia menyelesaikan 66 dari 69 umpannya untuk akurasi passing 96 persen yang tidak bisa ditandingi oleh pemain Barcelona lainnya pada hari itu.

"Riqui sangat bagus," kata Xavi.  “Seperti yang lainnya, seperti [Oscar] Mingueza dan [Ferran] Jutgla. Mereka semua telah bekerja keras untuk tim dan ini menarik bagi kami.

"Ini adalah jalan ke depan dan kemenangan ini adalah contohnya."

Dani Alves dan Jordi Alba melewatkan kemenangan hari Minggu setelah dites positif terkena virus corona, tetapi pasangan itu telah mengembalikan tes negatif dan telah diberi lampu hijau untuk kembali berlatih mulai Senin.

(wigih pambudi/wp)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network