Selamat, Pratama Arhan Terpilih Sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

"Witan Sulaeman dan Dewangga juga masuk nominasi..."

Berita | 01 January 2022, 23:32
Selamat, Pratama Arhan Terpilih Sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Libero.id - Timnas Indonesia boleh saja belum berhasil memenangkan Piala AFF 2020, dan ini tentu untuk yang kesekian kalinya kita gagal di partai puncak. Lagi-lagi Thailand yang jadi batu sandungan skuad Garuda.

Dalam 6 partai final yang telah dimainkan oleh Indonesia dari sejak kompetisi paling bergengsi se-Asia Tenggara ini bernama Piala Tiger hingga sekarang AFF Suzuki Cup, pertemuan dengan Thailand di babak final sudah terhitung 4 kali dan semuanya gagal. Termasuk yang terbaru dengan agregat 2-6.

Tetapi, meskipun belum berhasil juara, Indonesia sudah menunjukkan performa dan daya juang yang sangat luar biasa yang patut kita syukuri dan banggakan. Indonesia jadi skuat termuda dalam gelaran Piala AFF kali ini, dengan rata-rata usia pemain dibawah 24 tahun.

Dan salah satu pemain muda yang paling mencuri perhatian ialah bek sayap kiri yang memiliki kemampuan lemparan kedalam Rory Delap, siapa lagi kalau bukan Pratama Arhan, pemain yang baru berusiab 20 tahun ini hampir tak tergantikan dan selalu memainkan peran vital di setiap laga.

Dan jika kita menilik performanya sepanjang AFF, wajar kalau kemudian penggawa PSIS Semarang itu  mendapat anugerah pemain muda terbaik Piala AFF 2020. 

Penghargaan itu merupakan kombinasi dari hasil voting dan penjurian yang dilakukan oleh perangkat panitia turnamen. Dalam voting yang digelar, Arhan mendapatkan suara sekitar 60.122 unggul dari dua rekannya yang juga masuk tiga besar:Alfeandra Dewangga dan Witan Sulaeman.

Pratama Arhan memang menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan Indonesia meraih runner-up yang keenam pada Piala AFF 2020. Tercatat, Arhan cuma absen dua kali di turnamen ini, itu juga karena cedera dan akumulasi kartu.

Arhan juga sukses membuat dua gol dan dua assist sepanjang turnamen.  Dari segi bertahan, Arhan juga tampil dengan statistik tak main-main. Dengan rata-rata 80 persen tekel sukses, ia juga membuat enam sapuan dan 10 intersep sepanjang turnamen berlangsung. Masa depan pemilik nomor punggung 12 timnas Indonesia itu tampaknya cerah.


(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network