Indonesia Butuh Keajaiban di Leg Kedua, Witan Sulaeman Tolak Menyerah

"Masih ada 90 menit yang harus diperlakukan lebih baik lagi. Ayo semangat!"

Analisis | 31 December 2021, 09:17
Indonesia Butuh Keajaiban di Leg Kedua, Witan Sulaeman Tolak Menyerah

Libero.id - Meski butuh mukjizat dan keajaiban di laga kedua semifinal Piala AFF 2020, Witan Sulaeman memastikan Indonesia tidak akan menyerah. Pemain asal Palu itu menegasakan pertandingan belum berakhir karejna masih ada 90 menit lagi. 

Pasukan Garuda menyerah 0-4 dalam leg pertama di Sinagpore National Stadium, Rabu (29/12/2021) malam. Skuad Gajah Peran menceploskan bola ke gawang Nadeo Argawinata melalui Chanathip Songkrasin (dua gol), serta masing-masing satu gol dari Supachok Sarachart dan Bordin Phala.

Sesuai regulasi, masih ada pertemuan kedua di tempat yang sama, Sabtu (1/1/2021) malam. Kekalahan 0-4 tampaknya mustahil dibalikkan karena Indonesia bukan Liverpool atau Barcelona. Itu karena tim Merah-Putih membutuhkan kemenangan 5-0 untuk menjuarai turnamen kali ini. 

Namun, fakta tersebut ternyata tidak membuat sejumlah pemain Indonesia mengibarkan bendera putih sebelum pertandingan. Witan misalnya, memastikan tidak akan menyerah sampai hasil akhir ditentukan. Bahkan, dia mengajak semua rekan-rekannya berjuang lagi.

"Keep learning. Ini belum selesai ayoo berjuang lagi bersama-sama!" tulis Witan di media sosial pribadinya @witansulaiman_.

View this post on Instagram

A post shared by Witan Sulaeman (@witansulaiman_)

Sebelumnya, Shin Tae-yong sangat sadar bahwa peluang Indonesia untuk menjuarai Piala AFF sangat kecil. Tapi, pelatih asal Korea Selatan tersebut berjanji akan berusaha mati-matian melakukan yang terbaik di leg kedua.

"Saya terima kekalahan ini, dan saya tahu mungkin mustahil untuk melakukan comeback dengan mengalahkan Thailand di leg kedua, terutama jika kita bermain seperti di babak kedua tadi," kata Tae-yong seusai laga, dikutip situs resmi Piala AFF 2020.

"Tapi, bola itu bundar. Kami tidak akan menyerah dan akan terus berjuang. Saya tak akan fokus pada kesalahan-kesalahan di laga pertama, melainkan lebih kepada hal-hal baik yang sudah mereka lakukan, demi terus memotivasi para pemain," pungkas Tae-yong.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network