Tidak Cuma Menang, Inilah Rekor yang Dibuat Thailand saat Permalukan Indonesia

"Salah satunya gol tercepat..."

Berita | 30 December 2021, 15:15
Tidak Cuma Menang, Inilah Rekor yang Dibuat Thailand saat Permalukan Indonesia

Libero.id - Thailand tampil tanpa ampun saat menghajar Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2020. The War Elephants sukses menjungkalkan perlawanan skuad Garuda dengan skor telak 4-0 dalam laga yang dihelat di National Stadium, Singapura pada Rabu (29/12) malam WIB yang lewat.

Dengan hasil tersebut, tentu saja membuat Thailand berada di atas angin untuk leg kedua pada 1 Januari 2022 mendatang. Kemenangan Thailand atas Indonesia itu juga menghasilkan beberapa rekor yang menarik untuk dibahas.

Berdasarkan amatan kami, setidak-tidaknya, terdapat tiga rekor yang dipecahkan oleh Thailand. Apa saja itu, berikut ulasannya:

1. Rekor Gol Tercepat

Gol pembuka di menit-menit awwl  Thailand yang dilesakkan Chanathip oleh Chanathip Songkrasin di menit ke-2 atau tepatnya menit 1 menit 25 detik merupakan gol tercepat sepanjang sejarah final Piala AFF.

Adapun, proses terciptanya gol dari pemain yang memiliki disebut-sebut sebagai ‘Messi Thailand’ itu bermula ketika umpan Philip Roller yang mulus mendarat di kaki Chanathip yang tak terkawal.

Kemudian Chanathip langsung melepaskan sepakan keras yang menghujam gawang Indonesia yang dikawal oleh Nadeo Argawinata.

2. Rekor Kemenangan Terbesar

Kemudian, rekor berikutnya adalah margin kemenangan terbesar dalam sejarah final Piala AFF. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Malaysia pada final Piala AFF 2010 saat itu juga mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0 di leg pertama.

Dan tentu bagi Indonesia, kekalahan atas Thailand lebih buruk dari final Piala AFF 2000. Ketika itu, Indonesia juga berhadapan dengan Thailand dan kalah dengan skor 1-4 --- waktu itu belum ada format dua leg.

3. Rekor Tak Terkalahkan Terlama di Piala AFF

Thailand berhasil memecahkan rekor tak terkalahkan terlama sepanjang sejarah Piala AFF. Media Vietnam, Bongdaplus, menyebut berkat kemenangan 4-0 atas Indonesia, Thailand kini mengemas 14 laga tak terkalahkan, melampaui raihan Vietnam dengan koleksi 13 laga tak terkalahkan berturut-turut.

Catatan apik Thailand bermula pada laga leg kedua final Piala AFF 2016 dengan kemenangan atas Indonesia dengan skor 2-0. Kemudian, catatan itu terus bergulir di Piala AFF 2018 ketika Thailand berhasil meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang di babak fase grup.


Berlanjut di semifinal, Thailand menghadapi Malaysia. Pada fase ini, Thailand dua kali bermain imbang, namun mereka harus tersingkir karena kalah dari segi agresivitas gol tandang.

Pada edisi 2020 kali ini, sejak fase grup hingga final leg pertama, Thailand berhasil mengemas enam kemenangan dan hanya satu hasil imbang. Rekor tak terkalahkan itu pun bisa saja bertambah andai pada leg kedua final Piala AFF 2020 Indonesia tak mampu menjungkalkan Thailand.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network