5 Pemain Indonesia saat Ini yang Pernah Juara Piala AFF U-22 2019 Lawan Thailand

"Kenangan manis yang akan kembali diulang!"

Berita | 28 December 2021, 15:01
5 Pemain Indonesia saat Ini yang Pernah Juara Piala AFF U-22 2019 Lawan Thailand

Libero.id - Tak bosan-bosannya untuk mengingatkan, timnas kebanggaan kita semua, timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di laga final Piala AFF 2020 yang akan dilangsungkan di National Stadium, Singapura. Laga tersebut nantinya dimainkan dalam dua leg, masing-masing pada Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1).

Sejujurnya, Indonesia punya catatan buruk saat bertemu dengan Thailand di partai final --- juga di laga-laga persahabatan atau yang lainnya --- sejarah mencatat skuad Garuda selalu menelan kekalahan dari tiga pertemuan melawan Thailand di partai final Piala AFF. Masing-masing pada tahun 2000, kalah 1-4, lalu tahun 2002, kalah 2-4 lewat adu penalti setelah babak normal skor imbang 2-2, dan yang terakhir pada 2016, kalah 2-3.

Namun, situasi kini berubah, komposisi pemain berganti, dan lain seterusnya, peluang Indonesia untuk juara sangat terbuka. Dan kalau kita menilik level yang junior, sebenarnya Indonesia punya catatan apik saat melawan Thailand di ajang yang sama. Kenangan manis itu terjadi pada ajang Piala AFF U-23 dua tahun silam alias 2019.


Ketika itu Indonesia berhasil merengkuh gelar juara usai mengalahkan Thailand di partai puncak. Kala itu, Indonesia yang tertinggal duluan bisa membalas gol dari  Sani Rizki dan Osvaldo Haay. 

Indonesia pun merengkuh gelar juara perdananya di turnamen yang digelar di Phnom Penh Kamboja. Dalam pada itu, ternyata komposisi pemain yang dibawa oleh Shin Tae-yong saat ini terdapat lima pemain di laga dua tahun yang lalu tersebut.

Mereka yang membawa Indonesia U-22 juara antara lain  Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam yang bermain sejak menit awal.

Tiga nama lainnya ada  Rachmat Irianto yang saat itu baru bermain di menit ke-71.  Sementara dua nama lainnya ialah penjaga gawang Muhammad Riyandi dan bek Kadek Agung, yang sayangnya oleh pelatih Indra Sjafri kala itu tidak diberi menit bermain.

Semoga para pemain skuad Shin Tae-yong saat ini yang dua tahun lalu menjuarai Piala AFF U-22 dengan mengalahkan Thailand bisa mengulangi prestasi yang sama di level senior.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network