Inilah The Cathedral, Stadion Baru Pengganti San Siro

"Apa yang akan dilakukan terhadap San Siro?"

Analisis | 23 December 2021, 13:15
Inilah The Cathedral, Stadion Baru Pengganti San Siro

Libero.id - Duo klub raksasa sepakbola Italia di Kota Milan, yaitu AC Milan dan Inter Milan, kini akan memiliki stadion baru yang canggih sebagai pengganti San Siro yang ikonik.

San Siro telah menjadi markas Milan sejak 1926 dan Inter sejak 1947. Sehingga, perlu adanya stadion baru untuk mendukung fasilitas kedua klub Kota Mode tersebut.

Sebagaimana dilansir pada situs resmi proyek kedua klub, Stadion San Siro atau juga dikenal Stadion Giuseppe Meazza bakal digantikan dengan Stadion The Cathedral.

Stadion bernama Cathedral itu dirancang dengan kapasitas 60.000 kursi penonton. Namun, proyek pembangunannya akan dilakukan bertahap dengan target bisa digunakan pada 2027.

Stadion baru itu dirancang oleh arsitek Populous, dengan desain stadion yang telah dirilis. Rencananya akan dibangun di samping Stadion San Siro.

Model pembangunan The Cathedral terinspirasi dari dua bangunan terkenal di Kota Milan, yaitu Katedral Duomo dan pusat perbelanjaan Galleria Vittorio Emanuele.

Stadion ini memiliki bentuk persegi panjang dan akan dikelilingi oleh sirip vertikal, yang akan memanjang ke luar untuk menopang dinding kaca yang akan mengelilingi ruang yang digambarkan sebagai "galeri yang diterangi matahari".

Sementara itu, tempat duduk stadion telah dirancang untuk menjadi "yang paling intim di Eropa" dengan para fans ditempatkan sedekat mungkin dengan lapangan.

Berdasarkan rencana, yang akan diselesaikan tahun depan, stadion baru akan dibangun di samping San Siro yang ada. Kemudian, San Siro akan dihancurkan sebagai bagian dari pembangunan kembali area yang lebih luas.

"San Siro yang baru akan menjadi stadion terindah di dunia karena identitasnya yang kuat dan mudah dikenali," kata presiden AC Milan Paolo Scaroni.

"Arena yang menarik, dapat diakses dan berkelanjutan untuk Kota Milan yang akan memfasilitasi pertumbuhan klub dan daya saing global mereka," beber Paulo Scaroni.

CEO perusahaan Inter Milan, Alessandro Antonello, menambahkan: "Stadion Baru Milan akan berada di area hijau ekstra-kontemporer yang dapat ditinggali sepanjang tahun. Distrik baru untuk olahraga dan rekreasi dan taman seluas 50.000 meter persegi akan menjadikan San Siro sebagai lingkungan yang dituju untuk olahraga dan hiburan."

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan AC Milan


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network