Luar Biasa! Hanya Butuh Imbang, Indonesia Justru Lumat Malaysia

"Acungan dua jempol layak diberikan kepada strategi Shin Tae-yong. Semuanya rapi!"

Berita | 19 December 2021, 21:23
Luar Biasa! Hanya Butuh Imbang, Indonesia Justru Lumat Malaysia

Libero.id - Penampilan tim nasional Indonesia menghadapi Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020 luar biasa! Hanya butuh skor imbang, pasukan Garuda justru melumat Harimau Malaya 3-1.

Menghadapi Malaysia di Singapore National Stadium, Minggu (19/12/2021) malam, Shin Tae-yong kembali mengubah formasi dan taktik bermain Indonesia. Jika saat bertemu Vietnam cebderung defensif dengan skema 3-4-3, maka melawan Harimau Malaya kembali ke pakem 4-4-2.

Nakhoda asal Korea Selatan itu menampilkan Nadeo Argawinata di bawah mistar gawang. Kemudian, kuartet lini belakang diisi Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Ariyanto, dan Asnawi Mangkualam. Selanjutnya, Rachmat Arianto dan Ricky Kambuaya bermains ebagai gelandang tengah.

Untuk kedua sayap, Tae-yong memasang Ramai Rumaikiek di kiri dan Irfan Jaya. keduanya menyokong Witan Sulaeman dan Ezra Walian. Meski secara teori menggunakan 4-4-2, prakteknya adalah 4-2-3-1. 

Beda dengan lawan Vietnam, Indonesia tampil menyerang sejak kick-off. Dan, itu sempat membuat para pemain Malaysia terlihat grogi, demam panggung, dan melakukan sejumlah kesalahan.

Strategi itu ternyata mampu membuat Indonesia comeback. Setelah clearance Irfan Jaya justru berujung gol sepakan jarak jauh Kogeliswaran Raj, Indonesia bangkit. Irfan membalas kesalahannya dengan membuat Indonesia unggul 2-1 hingga para pemain masuk ke ruang ganti.

Uniknya, saat memasuki babak kedua, Tae-yong kembali melakukan perubahan formasi. Masuknya Elkan Baggott menggantikan Rumakiek membuat Indonesia kembali menggunakan skema 3-4-3. Hasilnya, tim Merah-Putih menambah dua gol lewat sepakan parabolik Pratama Arhan dan tandukan Baggott.

Kemenangan ini membuat Indonesia memastikan tempat di semifinal untuk menantang Singapura. Sementara Vietnam yang gagal memuncaki klasemen akhir Grup B akan menjalani final dini melawan Thailand. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network