9 Pemain yang Jabatan Kaptennya Dicopot

"Tiga pemain ini pernah mengemban ban kapten Arsenal."

Analisis | 17 December 2021, 14:54
9 Pemain yang Jabatan Kaptennya Dicopot

Libero.id - Seorang kapten tim memiliki peran besar untuk memimpin permainan. Mereka harus bisa memberi contoh dan menginspirasi rekan satu timnya, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Terdapat beberapa kapten ikonik selama bertahun-tahun, seperti Tony Adams, Vincent Kompany, Steven Gerrard, dan Francesco Totti. Semuanya membuktikan diri mereka sebagai pemimpin yang tepat dihadapan para fans klub mereka.

Menjadi kapten tim sering menjadi peran yang didambakan, terutama di klub-klub besar atau bersama timnas di level internasional. Sang kapten meraih kejayaan ketika menang, tetapi juga harus menanggung beban kritikan ketika mereka tidak bermain dengan baik.

Untuk setiap kapten yang menerima peran tersebut, ada beberapa yang gagal, kemudian ban kapten mereka dicopot. Pada catatan itu, Libero.id telah melihat 9 pemain yang mengalami penghinaan sebagai kapten yang mengalami itu.

1. William Gallas

Salah satu pesepakbola paling tidak populer di London, Gallas membuat kejutan ketika dia menyerahkan ban kapten Arsenal di depan Gilberto Silva setelah kepergian Thierry Henry pada 2007.

Bek itu adalah kapten Arsenal asal Prancis ketiga berturut-turut, setelah Patrick Vieira mendahului Henry, tetapi dia tidak memiliki karisma, keterampilan, kepemimpinan, atau kemampuan sepakbola dari kedua ikon pendahulunya tersebut.

Dia dicopot dari perannya setelah memberikan wawancara, di mana dia mengkritik rekan satu tim mudanya di Arsenal. Dia mengungkapkan rincian pertikaian di ruang ganti.

Ini mengikuti insiden terkenal di Birmingham, di mana dia membuat ulah dan duduk di lapangan saat Arsenal kebobolan gol penyeimbang. Keputusan pencopotan itu seharusnya dibuat lebih cepat.

2. John Terry

Masuk internasional ke daftar ini, mantan kapten Chelsea terlibat dalam pertikaian rasisme dengan Anton Ferdinand beberapa bulan sebelum Euro 2012.

Sebelum persidangannya dimulai, FA Inggris mencopot kehormatannya sebagai kapten untuk memimpin negaranya. Awalnya, sampai 'tuduhan telah diselesaikan', tetapi dia dinyatakan bersalah dan tidak akan memakai ban kapten lagi.

Terry tetap menjadi kapten Chelsea, tetapi pensiun dari tugas internasional setelah Euro setelah persidangan selesai dan menyatakan dia bersalah.

3. Joey Barton

Manchester City mengalahkan QPR pada Mei 2012. Momen itu dikenang karena salah satu momen paling ikonik dalam sejarah Liga Premier, yaitu gol menit terakhir Sergio Aguero untuk memenangkan gelar.

Namun, yang sering dilupakan dalam drama tersebut adalah serangan satu orang bernama Barton terhadap Man City yang berujung kartu merahnya di babak kedua.

Barton mendapat kartu merah langsung karena menyikut Carlos Tevez secara misterius. Pada adegan berikutnya, dia menendang Aguero dan mengarahkan sundulannya ke Kompany.

Gelandang itu didenda berat oleh klubnya, dicopot dari jabatan kapten, dan kemudian dipinjamkan ke Marseille di Prancis. Ada rumah kumuh, lalu ada Joey Barton.

4. Chris Samba

Salah satu bek paling solid di luar empat besar saat itu, Samba terus-menerus dikaitkan dengan pergerakan menjauh dari Blackburn Rovers. Setelah penunjukan Steve Kean pada 2010, dia secara mengejutkan mendapati dirinya lebih sering duduk di bangku cadangan dan memutuskan sudah waktunya untuk pindah.

Saat berada di sela-sela karena masalah cedera, dia menyerahkan permintaan transfer dan kemudian dikeluarkan dari perannya sebagai kapten karena cedera.

“Christopher akan bermain (melawan Stoke), tetapi dia tidak akan menjadi kapten karena saat ini dia sedang mencari kemungkinan untuk pergi dari klub,” kata Kean pada Desember 2010. “Sampai dia bisa kembali dan mengatakan dia bahagia, saya pikir kami akan mencari tempat lain di klub.”

Samba akhirnya memutuskan untuk tinggal, dan ban kapten dikembalikan kepadanya seperti yang dijanjikan.

5. Pierre Emile-Hojbjerg

Pernah menjadi kapten di Southampton, gelandang Denmark itu dicopot dari perannya setelah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan klub pada Juni 2020.

Hojbjerg menyatakan bahwa dia ingin pindah ke klub yang lebih besar, dan akhirnya pindah ke Tottenham beberapa minggu kemudian. James Ward-Prowse kemudian menggantikan perannya. Pikirkan itu mungkin hasil terbaik untuk semua orang.

6. Granit Xhaka

Pemain Arsenal kedua dalam daftar ini, Xhaka diangkat menjadi kapten oleh Unai Emery pada awal musim 2019/2020. Tetapi, peran itu dicopot darinya hanya dua bulan kemudian menyusul penampilan buruk di kandang Crystal Palace.

Xhaka digantikan setelah dirinya menanggapi ejekan dari penonton dengan memberi isyarat kepada mereka untuk 'f*ck off'.

Ini sama sekali tidak diterima dengan baik oleh fanbase Arsenal dan ban kapten diambil darinya. Tugas itu kemudian diberikan kepada Pierre Emerick-Aubameyang.

7. Pierre Emerick-Aubameyang

Apa yang terjadi dengan para kapten di London Utara? Aubameyang menggantikan Xhaka dan merupakan pemain terbaik Arsenal saat itu, membantu klub memenangkan Piala FA sebagai kapten di akhir musim itu.

Aubameyang kemudian mengakhiri spekulasi tentang masa depannya dengan menandatangani kontrak baru, tetapi sudah menurun sejak saat itu. Performa buruk menyusul, dan striker itu datang terlambat ke pertandingan saat derby London Utara pada Maret 2021.

Ini bukan satu-satunya pelanggarannya. Pada Desember ini, Arteta sudah cukup muka mendengar tingkah lakunya. Pelatih asal Spanyol ini mengeluarkannya dari perannya.

8. Mauro Icardi

Selalu menjadi sosok kontroversi saat berada di Inter Milan, striker Argentina itu terlibat pertengkaran publik dengan ultras klub setelah awalnya mengkritik mereka dalam sebuah buku.

Istri dan agennya yang terkenal, Wanda Icardi, kemudian berdebat lama dengan para penggemar dan klub tentang transfer dan 'kurangnya rasa hormat.' Akhirnya menjadi terlalu berat untuk ditangani Inter, dan Icardi dikeluarkan dari skuad. Ban kapten kemudian diberikan kepada kiper Samir Handanovic pada Februari 2019.

Icardi kemudian pindah ke PSG, di mana dia belum cukup meniru performa terbaiknya dari Serie A. Mengikuti perkembangan Icardi seharusnya ada di Netflix saat ini

9. Samuel Eto'o

Salah satu striker Afrika terbesar sepanjang masa, Eto'o adalah kapten Kamerun dari 2010. Dia mengambil alih dari Rigobert Song, dan memiliki pemerintahan yang kontroversial.

Setelah memimpin pemogokan pemain pada 2011 karena upah yang belum dibayar, Eto'o dilarang bermain 15 pertandingan oleh FA Kamerun. Dia akhirnya kembali ke tim dan menjadi kapten negaranya di Piala Dunia 2014.

Tetapi, Kamerun merestrukturisasi tim mereka setelah Piala Dunia dan mengambil ban kapten dari Eto'o untuk diberikan kepada Stephane M'bia, dan Eto'o mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola internasional sebagai hasilnya.

Pemain yang luar biasa, tetapi tugasnya sebagai kapten internasional akan dikenang karena drama di luar lapangan lebih dari apa pun.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network