Peringkat Kapten Terbaik Arsenal di Era Liga Premier

"Ada kesan kutukan mengenakan ban kapten The Gunners."

Analisis | 16 December 2021, 14:18
Peringkat Kapten Terbaik Arsenal di Era Liga Premier

Libero.id - Polemik mencopot kemudian mengganti kapten di skuad Arsenal menjadi pembicaraan hangat di sosial media belakangan ini. Keputusan berani Mikel Arteta itu telah membuat banyak orang punya pandangan tersendiri dalam membahas hal ini.

Arsenal dapat secara sah mengklaim memiliki dua kapten terbaik di era Liga Premier – tetapi mereka juga memiliki beberapa kapten yang gagal.

Mereka saat ini sedang mencari kapten baru yang akan mengikuti jejak Tony Adams, Patrick Vieira, dan banyak lainnya yang kurang berhasil dalam peran tersebut.

Berikut adalah 12 kapten Arsenal dari era Liga Premier berdasarkan seberapa baik mereka mengemban tanggung jawab ban kapten yang melingkar di pergelangan tangan mereka:

12. Granit Xhaka

Ditunjuknya Xhaka sebagai kapten tidak disambut secara baik oleh para penggemar, tetapi pemain timnas Swiss itu dipercaya oleh rekan-rekannya untuk menjadi kapten pada September 2019.

Namun, setelah hanya 10 pertandingan mengenakan ban kapten, dia kehilangan peran itu pada November 2019. Peran Xhaka digantikan oleh Pierre-Emerick Aubameyang. Adil untuk mengatakan hal itu tidak berjalan dengan baik.

11. William Gallas

Sebagian besar penggemar Arsenal kecewa ketika Gallas diberi ban kapten pada 2007, dan sang bek tidak melakukan banyak hal untuk membuktikan bahwa mereka salah.

Setelah dia secara terbuka mengkritik rekan satu timnya sendiri akhir tahun itu, Arsene Wenger akhirnya merasa cukup dan mencopotnya dari jabatan kapten.

10. Laurent Koscielny

Setelah delapan tahun sukses di Emirates, Koscielny diangkat oleh Unai Emery menjadi kapten permanen Arsenal pada 2018.

Dia segera terkena kutukan, hanya membuat 17 penampilan Liga Premier pada 2018/2019 sebelum menolak kontrak baru. Dia juga menolak untuk melakukan perjalanan tur pra-musim mereka ke Amerika Serikat dan kemudian memaksa pindah ke Bordeaux.

Riwayatnya sebagai bek hebat harus tercederai karena urusan ban kapten itu.

9. Robin van Persie

Van Persie mengambil ban kapten setelah Cesc Fabregas pergi ke Barcelona, dan dia membawa The Gunners ke posisi ketiga di Liga Premier dengan 30 gol dalam 38 pertandingan liga selama 2011/2012.

Namun, di akhir musim, dia mengumumkan bahwa dia menolak untuk menandatangani kontrak baru dan merusak reputasi yang telah dia bangun di Emirates. Apalagi, Legenda Belanda itu menandatangani kontrak dengan klub rival Manchester United.

8. Thomas Vermaelen

Vermaelen adalah bek tengah berbakat dan kelihatannya seorang pemimpin alami, tetapi sayangnya dia harus berjuang dengan cedera selama sebagian besar waktunya sebagai kapten Arsenal.

Bahkan, ketika fit, pemain Belgia itu berada di belakang Laurent Koscielny dan Per Mertesacker dalam urutan bek yang dipilih oleh pelatih. Mendapati dirinya jarang dimainkan dan lebih sering duduk di bangku cadangan, Vermaelen akhirnya setuju bergabung dengan Manchester United sebelum menandatangani kontrak dengan Barcelona pada 2014, di mana dia terus melewatkan pertandingan karena masalah cedera.

7. Pierre-Emerick Aubameyang

Setelah mengukuhkan diri sebagai penyerang andalan Arsenal, Aubameyang terpilih menggantikan Xhaka sebagai kapten klub pada November 2019.

Striker tersebut menyelesaikan musim 2019/2020 dengan 29 gol di semua kompetisi dan memimpin menjuarai Piala FA, mencetak dua gol di semifinal dan final.

Namun, paradoks nya setelah menandatangani kontrak baru, performa Aubameyang malah merosot dan sering dikritik karena tidak disiplin dan sikapnya yang buruk.

Pemain asal Gabon itu terlambat kembali dari perjalanan ke luar negeri pada Desember 2021. Itu membuatnya dicopot dari jabatan sebagai kapten Arsenal.

"Kami telah membuat keputusan ini berdasarkan momen-momen tertentu di mana dia tidak memenuhi tugasnya, dan hanya itu," kata Mikel Arteta.

6. Per Mertesacker

Meski tahu dia akan melewatkan sebagian besar musim karena cedera lutut, Mertesacker ditunjuk sebagai kapten Arsenal menyusul pensiunnya Mikel Arteta pada 2016.

“Wenger tahu berapa lama saya absen, tetapi dia mengatakan kepada saya bahwa dia masih melihat saya sebagai sosok besar untuk klub dan saya adalah pilihan pertamanya. Saya tidak percaya. Itu sangat besar bagi saya,” kata Mertesacker kepada Daily Telegraph.

“Saya begitu bersemangat ketika itu datang pada saat saya tidak berpikir itu akan terjadi. Anda ingin berada di lapangan, memberikan saran, membuat perbedaan, tetapi terkadang itu bukan peran dan Anda harus melepaskannya,” tuturnya.

Dia hanya membuat satu start sepanjang musim, tetapi itu terjadi di final Piala FA 2017 saat Arsenal mengalahkan Chelsea – dan penampilan itu saja sudah cukup untuk menempatkannya di atas beberapa nama lain dalam daftar ini.

5. Mikel Arteta

Ketika Arteta diberi ban kapten pada 2014, hari-harinya bermain akan segera berakhir. Pria berpaspor Spanyol itu tidak lagi menjadi pemain reguler tim utama Arsenal.

Tapi, dia memiliki pengaruh besar di ruang ganti saat Arsenal mengangkat dua Piala FA saat dirinya menjadi kapten The Gunners. Sejak saat itu menjadi sangat-sangat jelas bahwa Arteta terlahir sebagai pemimpin.

4. Cesc Fabregas

Pada usia 21 tahun, Fabregas menjadi kapten termuda kedua Arsenal ketika dia ditunjuk sebagai pengganti Gallas pada 2008. Bisa ditebak, dia segera absen selama empat bulan karena cedera lutut.

Tapi, gelandang hebat itu sudah menjadi pemain Arsenal yang paling konsisten. Meskipun dia tidak bisa memberikan trofi apapun, tidak ada yang bisa mengalahkan penampilan pemain Spanyol itu dengan mengenakan ban kapten.

Setelah bertahun-tahun berspekulasi, Fabregas akhirnya kembali menandatangani kontrak dengan Barcelona pada 2011. Belum lagi soal Chelsea.

3. Thierry Henry

Henry sudah menjadi legenda Arsenal ketika ia mengambil ban kapten setelah kepergian Patrick Vieira pada 2005.

Musim berikutnya dia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub, mencapai prestasi unik dengan mencetak 100 gol liga di Highbury dan mencetak hat-trick dalam pertandingan terakhir di sana.

Dia menjadi kapten tim ke final Liga Champions pertama mereka pada 2006. Meskipun dia melewatkan banyak musim berikutnya karena cedera sebelum berangkat ke Barcelona, dia pergi dengan status pahlawannya yang utuh.

2. Patrick Vieira

Viera memiliki tugas berat ketika dia mengambil alih sebagai kapten dari Tony Adams yang legendaris pada 2002, tetapi pria Prancis itu melakukan pekerjaannya dengan sangat baik.

Dia bertahan tiga musim sebelum pergi, yang lebih dari kebanyakan dalam daftar, tetapi yang lebih penting dia menjadi kapten klub selama kampanye Invincibles mereka yang luar biasa (2003/2004). Dia juga mencetak penalti kemenangan atas Manchester United di final Piala FA 2005.

Itu terbukti menjadi tendangan terakhirnya untuk klub sebelum berangkat ke Juventus.

1. Tony Adams

Adams diberi ban kapten pada usia 21 tahun pada 1988 dan tetap sebagai kapten Arsenal hingga pensiun pada 2002.

Sang bek menjalani periode yang sangat sukses, menjadi kapten The Gunners untuk dua gelar Divisi Pertama, dua trofi Liga Premier, tiga kemenangan Piala FA, dua Piala Liga dan satu Piala Winners Eropa.

Adams memimpin dengan memberi contoh di lapangan dan melambangkan segala sesuatu yang seharusnya menjadi kapten.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network