Bagaimana Kariernya? 6 Pemain Pertama Unai Emery di Arsenal

"Nomor 1 kehilangan posisinya saat ini."

Analisis | 16 December 2021, 12:40
Bagaimana Kariernya? 6 Pemain Pertama Unai Emery di Arsenal

Libero.id - Unai Emery tiba di Arsenal dengan reputasi besar di tangannya, apalagi setelah pelatih asal Spanyol itu menggantikan Arsene Wenger setelah 22 tahun di klub. Sayang, semua harapan tidak berjalan sesuai rencana.

Musim pertamanya tidak terlalu buruk, Arsenal finis di urutan kelima dan mencapai final Liga Europa. Emery akhirnya dipecat setelah awal yang buruk di musim berikutnya.

Tugas pertama Emery adalah memperbaiki pertahanan yang bocor dan meningkatkan rekor tandang Arsenal. Klub London Utara hanya memenangkan satu pertandingan tandang liga di paruh kedua musim 2017/2018.

Karena itu, Emery sempat menghabiskan sekitar 72 juta pounds (Rp 1,3 triliun) untuk mendatangkan pemain di jendela transfer pertamanya.

Ada penekanan yang jelas pada pertahanan, karena tidak ada uang yang dihabiskan untuk menyerang pemain. Hanya satu orang dari enam pemain pertamanya yang masih tersisa di klub, mungkin ini menunjukkan mengapa waktunya di Arsenal akhirnya berakhir dengan kegagalan.

Kami telah melihat transfer musim panas dan musim dingin pertama Emery untuk melihat bagaimana perkembangannya sejak itu.

#1 Bernd Leno

Mengingat David Ospina yang meninggalkan klub dan Petr Cech yang hampir pensiun, Arsenal menganggap kiper baru ini sebagai prioritas dan menghabiskan 22 juta pounds (Rp 417 miliar) untuk membawa Leno ke London Utara dari Bayer Leverkusen.

Pemain internasional Jerman itu tampil fantastis dalam dua musim pertamanya. Dia sering berjuang sendirian saat menjaga gawang Arsenal, karena timnya menerima banyak tembakan per pertandingan menjelang akhir kepemimpinnan Emery sebagai pelatih kepala.

Namun, Leno kehilangan tempatnya sebagai kiper utama setelah penandatanganan Aaron Ramsdale musim panas ini. Dia tampaknya akan meninggalkan klub dalam waktu dekat. Dia pasti akan masuk radar banyak klub pada Januari 2022.

#2 Stephan Lichtsteiner

Banyak kritik yang ditujukan kepada Arsenal saat masih di bawah Wenger. Mereka banyak menilai jika tim tidak memiliki kepemimpinan dan karakter yang kuat, dan masuklah Stephan Lichtsteiner.

Bergabung dengan status bebas transfer setelah tujuh musim yang sukses di Juventus, kapten Swiss itu mendekati akhir kariernya ketika dia pindah ke Stadion Emirates. Dia direkrut sebagai fullback cadangan.

Seorang bek yang terkenal agresif dan vokal, Lichtsteiner didatangkan dengan pengalaman memenangkan gelar dan kehadirannya diharapkan bisa menginspirasi di ruang ganti. Tapi, secara keseluruhan ini adalah kesepakatan yang tidak berjalan dengan baik.

Membuat hanya 14 penampilan liga dalam satu musim di klub, dia cukup disalahkan atas sejumlah gol yang terjadi. Itu adalah penandatanganan yang cukup berisiko, tetapi sangat dilupakan.

#3 Matteo Guendouzi

Tiba sebagai pemain muda dengan harga sekitar 7 juta pounds (Rp 132 miliar) dari FC Lorient yang berlaga di Ligue 2, Guendouzi secara mengejutkan masuk dalam starting XI dalam beberapa pertandingan pertama masa jabatan Emery.

Sang gelandang menampilkan beberapa penampilan yang solid, tetapi terkadang kacau dan ceroboh. Namun demikian, dia terus bermain hingga 48 kali di musim pertamanya.

Guendouzi memulai musim keduanya dalam performa yang luar biasa, sering kali menjadi pemain terbaik menjelang akhir masa pemerintahan Emery, tetapi kemudian dijatuhkan oleh Mikel Arteta karena masalah disiplin.

Setelah terjadi perselisihan dengan Neal Maupay, dia diasingkan dari skuad dan dipinjamkan ke Hertha Berlin, kemudian ke Olympique Marseille.

Pemain berusia 22 tahun itu terlihat nyaman bermain di negara asalnya, bahkan mendapatkan panggilan timnas senior Prancis dan diharapkan bisa bergabung dengan klub pinjamannya saat ini dengan status transfer permanen.

#4 Lucas Torreira

Torreira menjadi penandatanganan paling tinggi saat itu. Dia tiba dengan harga sekitar 25 juta pounds (Rp 474 miliar) dari Sampdoria setelah bermain di Piala Dunia bersama Uruguay.

Ada banyak kegembiraan yang dirasakan sang gelandang dan memulai kariernya di Arsenal dengan luar biasa, memenangkan tiga penghargaan man of the match dalam empat pertandingan pada November dan mencetak gol pertamanya untuk Arsenal dalam kemenangan comeback 4-2 yang luar biasa atas Tottenham.

Cedera, performa buruk, dan kegagalan beradaptasi dengan budaya Inggris membuat Torreira ingin pergi. Dia menghabiskan musim lalu di Atletico Madrid dengan status pinjaman, tetapi jarang bermain. Dia saat ini dipinjamkan ke Fiorentina dengan opsi untuk membeli.

Gol itu akan hidup lama dalam memori bagi fans Arsenal dan Torreira sendiri.

#5 Denis Suarez

Denis Suarez menjadi salah satu transfer yang paling dilupakan sepanjang masa. Emery ingin meningkatkan kekuatan menyerangnya pada Januari dengan membawa Suarez dengan status pinjaman dari Barcelona.

Pemain asal Spanyol itu sebelumnya bekerja di bawah Emery di Sevilla dan pernah menjadi pemain yang sangat menjanjikan di Villarreal dan Manchester City.

Namun, Suarez gagal membuat satu pun awal untuk klub dan hanya membuat empat penampilan pengganti untuk Arsenal. Sekarang Suarez bermain di Celta Vigo.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network