Di Mana Sekarang? Skuad Dortmund Asuhan Klopp di Final Liga Champions

"Ada satu-satunya pemain yang akhirnya menggapai gelar Liga Champions."

Analisis | 15 December 2021, 17:05
Di Mana Sekarang? Skuad Dortmund Asuhan Klopp di Final Liga Champions

Libero.id - Pada babak penyisihan grup Liga Champions musim ini, Borussia Dortmund menjadi salah satu klub yang gagal lolos menuju fase 16 besar. Itu untuk kedua kalinya Dortmund gagal lolos dalam 10 tahun terakhir. Mereka harus turun kasta bermain di Liga Europa.

Tim asal Jerman ini finis ketiga di Grup C, di bawah Sporting CP yang berada di posisi kedua karena selisih gol yang lebih rendah saat berhadapan langsung.

Sementara Ajax Amsterdam menjadi penguasa klasemen setelah menggandakan kemenangan atas Dortmund. Mereka juga mengalahkan Sporting, dan Besiktas (yang kalah setiap pertandingan).

Sudah empat tahun sejak terakhir kali mereka turun ke Liga Europa, tetapi mereka juga hanya berhasil melewati babak 16 besar sekali dalam tiga musim terakhir, mencapai perempat final pada 2020/2021.

Saat Juergen Klopp masih di pucuk pimpinan sebagai pelatih kepala tahun itu, Dortmund disingkirkan oleh Malaga di perempat final pada detik terakhir, tapi selamat dari pertemuan epik dengan Real Madrid di semifinal dan berhasil mencapai final. Sialnya, mereka kalah secara menyedihkan dari Bayern Muenchen di partai penentuan.

Tapi, apa yang terjadi dengan skuad Dortmund asuhan Juergen Klopp yang luar biasa mencapai final Liga Champions? Dan, di mana mereka sekarang?

Roman Weidenfeller (Kiper)

Kiper legendaris ini dihajar habis-habisan pada menit ke-89 oleh Arjen Robben di final Liga Champions. Dia bermain untuk Dortmund dari 2002 hingga 2018 sebelum pensiun, memperkuat statusnya sebagai pembuat penampilan tertinggi kedua di klub, hanya di belakang Michael Zorc yang legendaris.

Lukasz Piszczek (Bek kanan)

Bek sayap penyerang yang tangguh ini baru saja meninggalkan Dortmund sebagai Legenda klub, bergabung dengan klub kasta ketiga Polandia Goczalkowice di mana dia memulai kariernya.

Neven Subotic (Bek tengah)

Pemain timnas Serbia itu tampak seperti dia akan menjadi penakluk dunia pada 2013, tetapi cedera membuatnya menjadi lunak. Dia saat ini tanpa klub, setelah meninggalkan klub Bundesliga Austria, SCR Altach, di musim panas – tim keempatnya sejak hengkang dari Dortmund pada 2018.

Mats Hummels (Bek tengah)

Mats Hummels telah menjalani karier yang luar biasa sejak final 2013. Dia memenangkan Piala Dunia, mengkhianati Dortmund untuk bergabung dengan Bayern, di mana Liga Champions menghindarinya lebih jauh.

Dia kemudian kembali ke Dortmund, di mana dia sekarang bertindak sebagai pemimpin pasukan di lapangan.

Marcel Schmelzer (Bek kiri)

Bek kiri yang ulet itu secara teknis masih di Dortmund, tetapi dia belum bermain sejak Juni 2020.

Sven Bender (Gelandang bertahan)

Gelandang pekerja keras Juergen Klopp (proto-Wijnaldum) meninggalkan Dortmund pada 2017 dan mengakhiri karier profesionalnya di musim panas pada usia 32 tahun karena masalah cedera (bersamaan dengan saudara kembarnya Lars).

Ilkay Guendogan (Gelandang tengah)

Pencetak gol Dortmund (dari titik putih) di final 2013, kemudian Guendogan tampaknya pewaris sempurna takhta Xavi sebagai gelandang pengendali utama dunia, tetapi cedera menghancurkannya baik di Dortmund dan di klub berikutnya Manchester City.

Dia fit dan sehat sekarang, dan merupakan salah satu gelandang terbaik di Liga Premier. Guendogan menemukan bentuk mencetak gol, terutama dalam beberapa musim terakhir.

Jakub Blaszczykowski (Sayap kanan)

Setelah apa yang tampak seperti selamanya bermain untuk Borussia Dortmund (itu sebenarnya hanya sembilan tahun), Blaszczykowski meninggalkan Jerman untuk bermain dengan status pinjaman bersama Fiorentina. Dia kemudian pindah ke Wolfsburg. Saat ini dia bermain untuk Wisla Krakow di negara asalnya, Polandia.

Marco Reus (Penyerang)

Marco Reus adalah salah satu akuisisi Klopp yang cerdik dari Dortmund, yang sayangnya telah menghabiskan sebagian besar kariernya dirusak oleh cedera.

Fakta itu pula yang membuatnya gagal ikut serta dalam skuad Jerman saat menjadi juara Piala Dunia 2014. Saat ini dia masih pemain Dortmund, dan membentuk bagian yang sangat penting dari skuad muda mereka sebagai kapten berpengalaman.

Kevin Grosskreutz (Sayap kiri)

Pemain sayap pekerja keras yang tak ada habisnya pensiun pada 2020, terakhir bermain untuk KFC Uerdingen di liga bawah sepakbola Jerman.

Robert Lewandowski (Striker)

Robert Lewandowski adalah striker terbaik dunia (tetapi bukan pemain terbaik menurut Ballon d'Or), benar-benar merobek hati setiap lawan yang dia hadapi, terutama Borussia Dortmund, yang dia tinggalkan dengan status bebas transfer pada 2014.

Lewandowski adalah satu-satunya pemain Dortmund yang akhirnya memenangkan Liga Champions bersama Bayer Munchen, sekaligus meraih treble sensasional pada 2020.

Julian Schieber (Striker)

Schieber sudah memilih pensiun baru-baru ini pada musim panas 2021.

Nuri Sahin (Gelandang tengah)

Sahin adalah anak didik Klopp pertama yang melakukan kudeta pada 2011. Tugasnya di Real Madrid dan Liverpool berakhir dengan kegagalan, sehingga dia kembali ke Dortmund. Dia menjadi pemain pengganti pada 2013. Dia saat ini bermain untuk Antalyaspor di Turki, setelah bergabung dari Werder Bremen (dia meninggalkan Dortmund untuk selamanya pada 2018).

Mitchell Langerak (Kiper)

Kiper raksasa Australia saat ini bermain untuk Nagoya Grampus di J-League.

Felipe Santana (Bek tengah)

Pahlawan pencetak gol kemenangan perempat final mereka atas Malaga, Felipe Santana, meninggalkan Dortmund hanya beberapa bulan setelah final 2013. Dia saat ini bermain untuk Chapecoense di negara asalnya, Brasil.

Sebastian Kehl (Gelandang bertahan)

Kehl sudah tua, bahkan pada 2013. Karena itu, tidak mengejutkan siapa pun bahwa dia pensiun pada 2015 setelah menghabiskan 13 tahun yang konyol dengan seragam Dortmund.

Oliver Kirch (Gelandang bertahan)

Oliver Kirch sudah memutuskan untuk pensiun pada 2016 silam.

Moritz Leitner (Gelandang tengah)

Salah satu dari dua sensasi pemain muda di Dortmund asuhan Klopp, Leitner saat ini berada di Swiss bersama FC Zurich, bergabung dari klub Inggris Norwich setelah tiga tahun.

Mario Gotze (Gelandang serang)

Pemain yang seperti menjadi keajaiban sepak bola Jerman, Gotze sekarang (jika kebugaran memungkinkan) bermain untuk PSV di Eredivisie. Anak muda yang brilian setuju untuk meninggalkan Dortmund ke Bayern Muenchen musim 2012/2013.

Dia kemudian sulit pulih dari cedera pada waktunya untuk bermain di final 2013, di mana pasukan Klopp sangat membutuhkannya.

Setelah satu tahun sebagai pemain Bayern, dia mencetak gol kemenangan Piala Dunia, tetapi kariernya mulai menurun setelah itu. Performa buruk terus menghantuinya, bahkan ketika dia kembali ke Dortmund. Dia sekarang melarikan diri ke Eindhoven.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Borussia Dortmund


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network