Kenalkan Attila Szalai, Virgil van Dijk versi Hungaria

"Tak sabar bertemu sang idola di Stamford Bridge."

Biografi | 12 December 2021, 06:50
Kenalkan Attila Szalai, Virgil van Dijk versi Hungaria

Libero.id - Menurut beberapa laporan, kepindahan bintang Fenerbache ke Stamford Bridge sudah menemui kesepakatan dalam beberapa hari terakhir. Jika Attila Szalai bergabung dengan Chelsea, bek tengah asal Hungaria itu akan memenuhi impian hidupnya.

Thiago Silva selalu menjadi pemain favorit dan menjadi panutan Szalai, terutama karena dia adalah penggemar fanatik AC Milan.

Szalai sekarang bisa bergabung dengan Legenda Brasil itu di Stamford Bridge, mendapatkan kesempatan untuk belajar dari sang veteran secara langsung sebelum mewarisi posisinya.

Untuk saat ini, masih belum jelas apakah The Blues tertarik untuk merekrut Szalai atau tidak. "Tampaknya kepindahan Szalai ke Chelsea akan dilakukan," kata Manajer Hungaria, Marco Rossi, dikutip Inside Football.

Szalai dianggap sebagai prospek yang luar biasa, apalagi setelah mewakili negaranya di Euro 2020. Pemuda berusia 23 tahun itu dengan penuh percaya diri dan mengukuhkan posisinya sebagai pahlawan bagi penggemar Fenerbahce.

Rossi jelas sangat menghormati Szalai, dan sang bek tidak melewatkan satu menit pun dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Hungaria. “Dia akan menjadi salah satu bek tengah terbaik di Eropa dalam beberapa tahun,” kata Rossi.

Szalai diposisikan di kiri dari tiga bek Hungaria. Karena itu, dia terlihat cocok dengan taktik Chelsea yang memainkan formasi 3-4-2-1 di bawah Thomas Tuchel. Dia sering bermain sebagai bek kiri di masa mudanya, tetapi merasa lebih nyaman di posisi tengah karena kurangnya kecepatan.

Szalai memiliki penempatan posisi yang baik, pembacaan permainan yang luar biasa, disiplin, kuat secara fisik, dan jangkauan umpan yang sangat baik.

"Saya suka banyak hal tentang dia. Dia sangat pandai menutup lawan, sangat pandai membaca permainan, dan dalam duel bertahan. Dia pemain yang komplet," tambah Rossi.

Tidak mengherankan bahwa Szalai digambarkan oleh pelatihnya sebagai anak muda yang sangat serius dan berdedikasi karena selalu mau belajar, terutama karena dia dibesarkan dalam keluarga sepakbola.

Ayahnya, Atilla Szalai Sr, juga seorang bek. Dia memenangkan dua gelar di Hungaria dan memainkan sepasang caps untuk negaranya pada 1987.

Tentu saja, dia selalu menjadi pelatih dan mentor paling penting bagi Attila, bahkan menjabat sebagai ahli gizi dan psikolog putranya.

"Kami harus banyak bekerja, meningkatkan kecepatan dan daya tahan, serta melakukan banyak latihan tanpa bola," kenang Szalai Sr.

Keluarganya juga tidak takut berjudi. Ketika Szalai ditemukan oleh pemandu bakat Rapid Vienna pada usia 14 tahun, mereka memutuskan untuk pindah ke perbatasan Austria agar dia dapat bermain di akademi klub.

Tiga tahun kemudian, dia sudah menjadi starter reguler untuk tim cadangan Rapid di divisi ketiga, dan memupuk harapan melangkah ke tim utama.

Kesempatan seperti itu terjadi pada Mei 2016, ketika krisis cedera memaksa pelatih Rapid Zoran Barisic memberikan debut kepada Szalai. 

Penampilannya melawan Altach sangat luar biasa. Dia melakukan 100 operan dan dua tembakan ke gawang.

"Attila (Szalai) adalah pemain yang cerdas yang mengingatkan saya pada Holger Badstuber," kata sang pelatih usai pertandingan.

"Sayangnya, Holger sering cedera, sementara saya lebih beruntung dengan cedera," kata Szalai. "Tetapi, sejauh menyangkut kekuatan permainannya, itu merupakan kehormatan besar bahwa pelatih mengatakan itu tentang saya," timpalnya.

PSV Eindhoven kemudian menunjukkan minatnya untuk mengontrak Szalai, tetapi Rapid menolak untuk membiarkan bintang muda mereka pergi saat dia baru masuk ke tim utama.

Setahun kemudian, dia memutuskan untuk bergabung dengan Mezokovesd di tanah kelahirannya untuk mendapatkan waktu bermain reguler di papan atas. Keputusan itu membuahkan hasil, karena meskipun dia tidak selalu menjadi pilihan pertama, dia mengunci tempat di skuad Hungaria U-21.

Begitulah cara Szalai menarik perhatian direktur olahraga Apollon Limassol, Petros Konnafis, yang sangat terkesan dengan bek tengah itu selama pertandingan kualifikasi Kejuaraan Eropa U-21 Hungaria melawan Siprus pada 2018.

Negosiasi panjang terjadi, dan transfer sebesar 400.000 euro (Rp 6,4 miliar) disepakati pada 2019. Szalai tidak pernah melihat ke belakang.

Szalai melakukan debutnya untuk Hungaria pada akhir 2019. Pada tahun berikutnya, tempatnya di starting line-up tidak tergantikan.

Penundaan Euro 2020 menjadi berkah bagi bintang yang sedang naik daun, dan penampilannya melawan Portugal, Prancis, dan Jerman pada musim panas 2021 sangat luar biasa.

Begitulah pengaruhnya, sehingga beberapa pakar di tanah airnya mulai memanggilnya 'Van Dijk Hungaria'.

Pada saat itu, Szalai sudah melakukan petualangan di Istanbul. Sang ayah awalnya menyatakan bahwa Bundesliga akan menjadi tujuan pilihan putranya, tetapi Fenerbahce membuat penawaran yang sangat bagus pada Januari 2021.

Apollon bersedia menjualnya seharga 2 juta euro (Rp 32,3 miliar), angka yang sekarang terlihat murah.
Meskipun raksasa Turki itu tidak menikmati penampilan terbaik Szalai di Super Lig, dia terbukti menjadi cahaya yang bersinar sepanjang tahun. Beberapa penggemar Fenerbahce mengklaim bahwa Szalai adalah salah satu bek terbaik dalam sejarah klub.

Napoli dilaporkan menunjukkan minat untuk mengontraknya pada musim panas, tetapi Chelsea mungkin akan datang menelepon lebih cepat untuk mengamankan target.

Berbicara bahasa Jerman dengan fasih, jelas bekerja bersama Tuchel tidak akan menjadi masalah. Mantan pelatih Paris Saint-Germain ini kemungkinan akan mencari pemain defensif baru dalam beberapa bulan mendatang, mengingat Antonio Rudiger dan Andreas Christensen memiliki kontrak yang akan habis pada akhir musim.

Thiago Silva juga akan menjadi mentor terbaik untuknya, meskipun kesepakatan itu mungkin tidak sedekat yang dikabarkan Rossi. Begitu banyak alasan mengapa The Blues akan berhasil membawa Szalai ke Stamford Bridge.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network