Peringkat 19 Bek Tengah Arsenal Sejak Kepergian Sol Campbell

"Nomor 7 dan 8 bergabung dengan Arsenal dari Chelsea."

Analisis | 08 December 2021, 03:20
Peringkat 19 Bek Tengah Arsenal Sejak Kepergian Sol Campbell

Libero.id - Di Liga Premier, Arsenal pernah memiliki reputasi sebagai klub dengan pertahanan terbaik. Itu adalah hasil duet antara Tony Adams dan Sol Campbell.

Namun, sejak Sol Campbell pergi pada 2006 untuk bergabung dengan Portsmouth. The Gunners tidak memiliki pengganti untuk bek tengah jempolan itu.

Akibatnya, Arsenal memiliki masalah pertahanan sejak saat itu. Dan, sampai sekarang mereka masih berusaha mengembalikan pertahanan terbaik yang pernah dimiliki.

Itu bisa kita lihat dari upaya manajemen untuk memperkuat pertahanan. Terbukti, 19 pemain bek tengah mereka kontrak sejak 2006 hingga 2021. Beberapa diantaranya tampil lumayan, tapi ada juga yang mengecewakan.

Bahkan, ada pemain yang terpaksa dibuang karena berselisih dengan manajemen. Beberapa di antara mereka juga telah mendapatkan pujaan dari fans setia The Gunners, meski ada telah melakukan penampilan yang buruk dan dikenang jauh dari ekspektasi.

Pada catatan itu, Libero.id telah mengurutkan 19 bek tengah yang direkrut klub sejak 2006 berdasarkan performa mereka di Emirates.

19. Sebastian Squillaci

Bek tengah asal Prancis itu berjuang selama waktunya di London utara. Dia hanya tampil 39 pertandingan dalam tiga tahun sebelum diizinkan bergabung dengan Bastia secara gratis. Fans The Gunners kecewa karena pemain itu banyak melakukan blunder selama bermain di Liga Premier.

18. Semi Ajayi

Pemain West Bromwich Albion tersebut tidak bermain untuk Arsenal pada 2013-2015. Dia dipinjamkan ke Cardiff City sebelum akhirnya dipermanenkan. Bek timnas Nigeria itu sampai sekarang masih bermain untuk West Brom.

17. Konstantinos Mavropanos

Bek Yunani itu sebenarnya terlihat cukup bagus ketika dia masuk ke lapangan di Emirates, tetapi dia belum benar-benar diberi banyak kesempatan.

Mavropanos saat ini dipinjamkan ke Stuttgart, menghabiskan musim kedua berturut-turut dengan klub Bundesliga.

16. Mikael Silvestre

Silvestre memiliki beberapa permainan yang benar-benar mengejutkan dalam seragam Arsenal, tetapi dia mencetak gol dalam hasil imbang 4-4 di derby London utara.

15. Pablo Mari

Mari bergabung dengan status pinjaman dari Flamengo pada Januari 2020. Mari cukup mengesankan dalam tiga penampilan untuk mendapatkan kontrak permanen dengan The Gunners.

Pemain berusia 28 tahun itu pernah mengalami masalah cedera, tapi mencetak gol pertamanya untuk klub melawan Rapid Vienna di Liga Europa. Sejak pulih dari cedera, dia belum menampilkan permainan terbaiknya di Liga Premier.

14. Sol Campbell

Setelah awalnya meninggalkan Arsenal pada  2006, Campbell bergabung kembali pada Januari 2010, membuat 10 pertandingan liga hingga membantu Arsenal finis di urutan ketiga.

Namun, mantra keduanya di bawah Arsene Wenger singkat, karena bek itu bergabung dengan Newcastle United pada musim panas tahun yang sama.

13. Calum Chambers
 
Ada cukup banyak kegembiraan di sekitar Chambers ketika dia tiba dengan harga di bawah 20 juta pounds (Rp 383 miliar) pada 2014. Tetapi, dia belum cukup memenuhi ekspektasi klub.

Pemain berusia 25 tahun itu dipinjamkan ke Middlesbrough dan Fulham dan telah berjuang dengan cedera. Namun, dia telah bermain lebih dari 100 kali untuk The Gunners.

12. Gabriel Paulista

Fans Arsenal telah lama ingin melihat beberapa agresi dan semangat dalam tim ketika Gabriel Paulista bergabung pada 2015, tetapi sang bek mungkin telah melangkah terlalu jauh.

Dia rata-rata mendapat kartu kuning setiap empat pertandingan dan bahkan diberi label "kepala panas" oleh Arsene Wenger sebelum dijual dengan kerugian kecil ke Valencia pada 2017.

11. Shkodran Mustafi

Ketika Arsenal menandatangani bek pemenang Piala Dunia pada 2016, mereka berharap bahwa mereka akhirnya menemukan orang itu untuk memimpin lini pertahanan selama satu dekade.

Pemain timnas Jerman itu telah membantu klub memenangkan Piala FA dan Community Shield, tetapi dia juga memiliki bagian yang adil dari momen-momen malapetaka dengan seragam Arsenal.

10. William Saliba

Meskipun menjadi salah satu bek muda paling berperingkat tinggi di Eropa, Saliba dibekukan oleh Mikel Arteta dan belum membuat penampilan tim utamanya untuk klub.

Satu-satunya alasan dia unggul dari beberapa pemain lain dalam daftar ini adalah karena masih ada banyak waktu bagi pemain berusia 20 tahun itu untuk tampil bagus.

9. Sokratis

Sokratis selalu tampil dengan ujur ketika dia masuk ke lapangan, dan seperti Paulista, dia adalah seorang pejuang yang mutlak.

Namun, ada batasan kunci yang tidak dapat disangkal untuk permainan pemain berusia 32 tahun tersebut. Fakta itu membuatnya jatuh ke urutan kekuasaan di bawah Mikel Arteta sebelum dijual ke Olympiakos.

8. William Gallas

Kami masih tidak bisa memaafkan Gallas karena mewarisi jersey No.10 Dennis Bergkamp.

Mantan pemain timnas Prancis itu membuat 142 penampilan untuk The Gunners, bahkan diangkat menjadi kapten. Tetapi, kenangan abadi dari mantranya di klub adalah ketika dia duduk di lapangan dan melempar strop setelah bermain imbang 2-2 dengan Birmingham pada 2008.

7. David Luiz
 
Waktu Luiz di Emirates Stadium untuk sementara waktu diselingi oleh katalog kesalahan. Pemain Brasil itu menjadi cameo yang mengerikan melawan Manchester City. Tapi, kemudian dia membintangi kemenangan semifinal dan final Piala FA beberapa minggu kemudian.

6. Rob Holding

Holding bergabung dengan Arsenal dari Bolton Wanderers dalam kesepakatan 2 juta pounds (Rp 38 miliar) pada 2016, tetapi dia harus berjuang untuk membuktikan dirinya sebagai pemain reguler tim utama di bawah Arsene Wenger atau Unai Emery.

Pemain berusia 26 tahun itu telah bangkit kembali di Arsenal di bawah Mikel Arteta. Holding menjadi salah satu nama pertama di daftar pemain. Dia juga cukup bagus dengan bola di kakinya untuk seorang bek tengah.
 
5. Ben White

Ini masih sangat awal bagi White, yang mengalami debut sulit melawan Ivan Toney dalam kekalahan 2-0 di Brentford yang baru dipromosikan, tetapi dia terlihat sangat stabil sejak saat itu.

Menempatkan White begitu tinggi bisa membuat kita terlihat sangat gila, terlebih ketika kita memeriksa kembali daftar ini dalam satu atau dua tahun. Tapi, siapa yang menyangkal dirinya dibeli senilai 50 juta pounds (Rp 958 miliar).
 
4. Gabriel Magalhaes

Gabriel adalah salah satu dari sedikit hal positif selama awal buruk mereka di musim 2020/2021, memenangkan tiga penghargaan Pemain Terbaik Arsenal berturut-turut.

Ada momen yang aneh sejak itu, tetapi sebagian besar pemain Brasil itu terlihat sangat nyaman di London utara. Dia mendominasi lini pertahanan, dan itu membuatnya terlihat sebagai pasangan yang sempurna untuk White.

3. Thomas Vermaelen
 
Setelah bergabung dengan Arsenal dari Ajax pada 2009, Vermaelen menikmati musim debut yang mengesankan di Emirates dan mendapatkan tempat di PFA Team of the Year.

Dia diangkat menjadi kapten klub pada 2012, tetapi absen karena masalah cedera selama sebagian besar waktunya di Emirates.

2. Per Mertesacker

Performa luar biasa Mertesacker di final Piala FA 2017 melawan Chelsea memastikan tempatnya di dua besar dalam daftar ini.

1. Laurent Koscielny

Waktunya di London utara mungkin telah berakhir kontroversial pada 2019, tetapi Koscielny adalah pemenang yang jelas di sini.

Bek tengah itu menandatangani kontrak dengan Arsenal pada 2010 dan menjadi andalan pertahanan mereka selama sembilan tahun.

Dia membuat 353 penampilan di semua kompetisi dan memenangkan tiga Piala FA dalam prosesnya. Dia juga ditawar dengan harga 8,5 juta pounds (Rp 162 miliar).

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network