Selamat Ulang Tahun!

Momen Gol Pecundang Emile Smith Rowe ke Gawang De Gea, Kok Bisa Sah?

"Dea Gea jatuh cedera, Emile masih tendang bola. Cek aturannya."

Berita | 03 December 2021, 08:18
Momen Gol Pecundang Emile Smith Rowe ke Gawang De Gea, Kok Bisa Sah?

Libero.id - Dalam laga pekan ke-14 Liga Premier, Manchester United sukses mengalahkan Arsenal dengan skor 3-2. Bermain di Stadion Old Trafford, pada Jumat (3/12/2021) dini hari WIB, The Reds Devils menandaskan perlawanan tim tamu lewat dua gol dari Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes.

Sementara itu, Arsenal hanya mampu membalas lewat gol Emile Smith Rowe dan Martin Odegaard. Dan dari 5 gol yang tercipta, gol The Gunners yang dicetak oleh Emile Smith Rowe lah yang paling mencuri perhatian.

Sebab, gol pemilik nomor 10 The Gunners itu tampak seperti gol dari seorang pecundang dan tampak kontroversial bagi sebagian orang.

Momen bermula sekitar menit ke-14, Arsenal mendapat sepak pojok dan terjadi kemelut di depan gawang Manchester United, bola jatuh ke kaki Emil Smith Rowe yang langsung melakukan sepakan dari luar kotak penalti dan itu menggetarkan jala De Gea.

Gol itu sempat tidak disahkan karena kiper asal Spanyol itu sudah dalam posisi berguling di tanah karena cedera. De Gea mengalami benturan dengan rekan setimnya sendiri, Fred, saat sepak pojok.

Wasit yang memimpin laga, Martin Atkinson, sempat melakukan pengecekan VAR dan akhirnya mengesahkan gol dari Emile Smith-Rowe. Ya, alasannya tak lain
adalah karena De Gea dijatuhkan oleh rekan setimnya sendiri, Fred, bukan oleh pemain Arsenal. 

Namun persoalan lainnya, dalam tayangan ulang, tampak jelas sebelum Emile Smith Rowe menendang, De Gea sudah terjatuh dan meringis kesakitan. Tetapi  mengapa laga tak otomatis dihentikan?

Cek Aturan yang sebenarnya?

IFAB melalui Laws of the Game edisi 2021/22 mengatur terkait insiden tersebut.  Mengacu pada Pasal 5 tentang Wasit dan Poin 3 yang mengatur soal 'Kuasa dan Tugas Wasit' yang pada intinya, kenapa wasit tak menghentikan laga? 

Pertama, karena mungkin ia berpikir bahwa itu hanya cedera ringan. Kedua, karena cedera yang diderita De Gea sama sekali tidak diakibatkan oleh salah satu pemain Arsenal.

Terlepas dari insiden itu, para pemain dan fans Manchester mestinya tak perlu lagi memusingkan soal gol Emile. Sebab pada akhirnya, mereka tetap menang.

Dengan hasil tersebut, Manchester United kini menduduki peringkat 7 di klasemen sementara Liga Premier 2021/22. Di sisi lain, Arsenal masih bertengger di urutan ke-5.

(gigih imanadi darma/mag)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan