Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 5 Transfer Terbaik Juergen Klopp

"Nomor 1 nyaris menggondol Ballon d'Or 2021."

Analisis | 02 December 2021, 13:05
Peringkat 5 Transfer Terbaik Juergen Klopp

Libero.id - Juergen Klopp layak untuk kita sebut sebagai salah satu manajer terbaik di Eropa selama dekade terakhir.

Ahli taktik asal Jerman itu telah mengubah klub seperti Borussia Dortmund dan Liverpool, mengubah mereka dari klub kurang beruntung menjadi penantang gelar sejati di setiap musim.

Istimewanya lagi, Klopp sering bekerja dengan anggaran yang ketat. Klopp tidak memiliki dukungan keuangan yang sama seperti beberapa manajer pesaingnya di hampir setiap tahap kariernya.

Tetapi, berkat kecerdikannya, pemain-pemain yang didatangkan oleh Klopp memiliki kontribusi jauh melampaui harga beli untuk si pemain tersebut.

Dalam artikel ini, kita melihat lima pemain terbaik yang pernah diboyong Klopp:

5. Ilkay Guendogan (5,5 juta euro / Rp 89,4 miliar)

Gelandang kelahiran Gelsenkirchen ini menghabiskan lima tahun di Signal Iduna Park, dan tampil sebanyak 157 kali. Dia dibeli oleh Klopp hanya dengan 5,5 juta euro / Rp 89,4 miliar. Dia turut serta membawa Dortmund memenangkan gelar ganda domestik Jerman selama musim pertamanya.

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

Dia juga telah memainkan lebih dari 50 pertandingan untuk Jerman, sebuah prestasi luar biasa mengingat banyaknya pilihan mereka di lini tengah.

4. Neven Subotic (4,5 juta euro / Rp 73,1 miliar)

Neven Subotic adalah pemain yang paling tidak terkenal dalam daftar ini. Tetapi, Subotic akan dikenang atas kontribusinya di bawah asuhan Klopp saat masih melatih Borussia Dortmund dan Mainz 05.

Dengan 281 pertandingan yang dimainkan selama sembilan musim, dia menempati urutan kedua dalam daftar pemain yang paling sering dimainkan oleh Klopp.

Bek tengah Serbia itu dibeli hanya dengan 4,5 juta euro / Rp 73,1 miliar. Subotic mencetak 22 gol dan memenangkan enam trofi dalam kariernya di Dortmund.

Dia membentuk kemitraan yang solid dengan Mats Hummels di belakang dan memainkan peran penting dalam musim perebutan gelar Dortmund.

3. Andy Robertson (9 juta euro / Rp 146,2 miliar)

Kapten timnas Skotlandia itu dibeli dari Hull City hanya dengan 9 juta euro / Rp 146,2 miliar. Pada akhir 2019, nilai pasar Robertson menyentuh 80 juta euro / Rp 1,3 triliun. Itu menunjukkan betapa sensasionalnya dia sebagai penandatanganan sukses seorang Klopp.

Bek kiri ini telah membuat 191 penampilan untuk Liverpool, memenangkan Liga Premier dan Liga Champions.

Bersama bek sayap lainnya, Trent Alexander-Arnold, Robertson telah menjadi pemain andalan Liverpool besutan Klopp. Dia telah membuat 41 assist untuk Liverpool sejauh ini.

2. Mats Hummels (4,2 juta euro / Rp 682 miliar)

Mats Hummels termasuk di antara bek tengah terbaik 2010-an. Selama masa jayanya, tidak banyak striker yang bisa mengalahkan pemain asal Jerman itu.

Hummels bermain pada 242 kesempatan untuk Jurgen Klopp di Dortmund. Untuk mendatangkan Hummels, Klopp hanya menelan biaya 4,2 juta euro / Rp 68,2 miliar ketika dia pertama kali direkrut klub pada 2008.

Dia memenangkan enam trofi selama tugas awalnya di Signal Iduna Park, termasuk beberapa gelar Bundesliga. Dia juga memainkan peran kunci dalam kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014.

1. Robert Lewandowski (4,75 juta euro / Rp 77,2 miliar)

Lewandowski telah menjadi striker papan atas untuk sebagian besar dekade terakhir, dan dia tampaknya semakin baik seiring waktu.

Mantan penembak jitu Borussia Dortmund itu dibeli oleh Klopp seharga 4,75 juta euro / Rp 77,2 miliar. Dia mencetak 102 gol dan mencatatkan 42 assist selama 186 pertandingannya di bawah Klopp.

Lewandowski meninggalkan Signal Iduna Park pada 2014 dengan status bebas transfer dan telah membawa kemampuan berburunya ke tingkat yang sama sekali baru.

Keahlian Lewandowski sebagai nomor punggung 9 tidak dapat ditandingi oleh pemain mana pun di Eropa selama beberapa musim terakhir. Dia memecahkan rekor Bundesliga, Gerd Muller, untuk gol terbanyak dalam satu kampanye musim lalu dan telah memulai kampanye saat ini dengan keras.

Lewandowski bisa dibilang sebagai pemain terbaik selama dua tahun kalender sebelumnya. Dan, untuk berpikir Klopp memperkenalkannya ke dunia setelah kesepakatan yang menelan biaya di bawah 5 juta euro, tidak dapat dipercaya.

(mochamad rahmatul haq/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan