Profil Tim Piala AFF 2020: Malaysia, Mengandalkan 5 Pemain Naturalisasi

"Malaysia akan bertemu Indonesia di pertandingan terakhir fase grup."

Biografi | 02 December 2021, 17:00
Profil Tim Piala AFF 2020: Malaysia, Mengandalkan 5 Pemain Naturalisasi

Libero.id - Meski mengklaim memiliki kompetisi yang bagus dan sumber pemain melimpah, fakta menunjukkan Malaysia tampil di Piala AFF 2020 dengan rombongan pemain naturalisasi. Bukan hanya keturunan, pemain-pemain ini juga ada yang tidak memiliki darah Melayu.

Malaysia menggunakan pemain naturalisasi atau keturunan pertama kali pada Piala AFF 2014 saar Darren Lok bermain. Kemudian, Mohamadou Sumareh bergabung pada turnamen edisi 2018.

Kini, dengan Lok dipastikan absen karena cedera, Harimau Malaya akan dibela lima "pemain asing". Selain Sumareh, satu pemain naturalisasi yang tidak ada darah Melayu adalah Guilherme de Paula dari Brasil. Tiga lainnya memiliki keturunan Negeri Jiran, yaitu Quentin Cheng, Dion Cools, dan Junior Eldstal.

Dengan banyaknya pemain import, Malaysia berharap bisa mengulang sukses Piala AFF 2010 saat menjadi juara dengan mengalahkan Indonesia. Syaratnya, mengalahkan Vietnam dan Indonesia di Grup B. Jika itu bisa diwujudkan, langkah Harimau Malaya akan semakin mudah.


Prestasi terbaik: juara (2010)

Pelatih: Tan Cheng Hoe (Malaysia) 

Kiper: Khairul Fahmi (Sabah), Khairulazhan Khalid (Selangor), Azri Ghani (Perak)

Belakang: Aidil Zafuan (Johor Darul Ta'zim), Shahrul Saad (Johor Darul Ta'zim),  Junior Eldstal (Chonburi), Rizal Ghazali (Sabah), Syahmi Safari (Muangthong United), Dion Cools (Midtjylland), Dominic Tan (Sabah), Arif Fadzilah (Terengganu), Ariff Farhan Isa (Kedah Darul Aman), Quentin Cheng (Penang)

Tengah: Baddrol Bakhtiar (Sabah), Akram Mahinan (Kuala Lumpur City), Akhyar Rashid (Johor Darul Ta'zim), Kenny Pallraj (Kuala Lumpur City), Safawi Rasid (Johor Darul Ta'zim), Wan Kuzain (Rio Grande Valley), Mukhairi Ajmal (Selangor), Kogileswaran Raj (Petaling Jaya City)

Depan: Syafiq Ahmad (Johor Darul Ta'zim), Guilherme de Paula (Johor Darul Ta'zim), Shahrel Fikri (Selangor), Luqman Hakim Shamsudin (Kortrijk), Faisal Halim (Terengganu), Fayadh Zulkifli (Kedah Darul Aman), Danial Asri (Selangor)

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network