Selamat Ulang Tahun!

Evan Dimas dan 4 Pemain Lainnya yang Pernah Main di Piala AFF Edisi Lalu

"Di era Shin Tae-yong mereka main lagi..."

Analisis | 01 December 2021, 21:36
Evan Dimas dan 4 Pemain Lainnya yang Pernah Main di Piala AFF Edisi Lalu

Libero.id - Sebanyak 30 nama pemain resmi  diumumkan sebagai bagian dari skuad  timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Diantaranya banyak pemain-pemain muda yang dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk bersaing di tempat inti.

Menariknya, dari deretan nama tersebut, ternyata cuma lima pemain saja yang pernah mencicipi bermain di Piala AFF edisi sebelum-sebelumnya. Sementara, sisanya baru akan memulai debutnya di ajang dua tahunan paling bergengsi se-Asia Tenggara itu.

Dan inilah 5 pemain yang pernah berkiprah di Piala AFF edisi sebelum-sebelumnya:

1. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas dipercaya sebagai kapten timnas Indonesia di Piala AFF kali ini. Wajar belaka, pengalamannya di Piala AFF tak tanggung-tanggung, pemain berusia 26 tahun itu tercatat sudah main di tiga edisi.

Debutnya di Piala AFF terjadi pada 2014. Sayangnya, ia gagal membawa Indonesia lolos dari fase penyisihan grup usai kalah dari Filipina dan imbang dengan Vietnam dan hanya menang atas Laos. 

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

Evan Dimas kembali ikut dalam skuad Piala AFF pada 2016, dimana ia ikut andil dalam membawa Indonesia ke babak final. 

Tak berhenti di situ, Evan kembali tampil di Piala AFF di  edisi 2018. Dan sayangnya lagi, langkah skuad Garuda harus terhenti di babak grup usai kalah bersaing dengan Thailand dan Filipina.

2. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo resmi mendapatkan status WNI sejak Oktober 2011, namun kompetisi bergengsi pertama yang ia ikuti bersama skuad Garuda adalah Piala AFF 2014.

Sayangannya pada saat itu,  Igbonefo belum bisa mempersembahkan yang terbaik untuk timnas Indonesia, dimana Indonesia bahkan tidak lolos di fase penyisihan grup.

3. Fachrudin Aryanto

Fachrudin merupakan pemain terbanyak dalam daftar ini yang pernah mentas di Piala AFF, yakni  dalam 4 edisi. Mulai dari edisi 2012, 2014, 2016, hingga terakhir 2018, dan berarti ini yang kelima.

Total ada 13 laga yang dimainkan Fachrudin selama Piala AFF dengan torehan dua gol ke gawang Filipina di Piala AFF 2016 dan gol ke gawang Thailand di edisi 2018. 

4. Irfan Jaya

Pemain milik PSS Sleman itu tercatat pernah membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Kala itu, Irfan cuma bermain sekali sebagai starter saat Indonesia melawan Singapura.

Sayangnya, Irfan gagal tampil bersinar. Tak ada kontribusi yang diberikan oleh mantan pemain Persebaya Surabaya itu, dan Indonesia pun gagal lolos ke babak semifinal.

5. Dedik Setiawan

Sama dengan Irfan, Dedik Setiawan menjadi nama lain yang pernah mencicipi Piala AFF.

Tetapi pada saat itu, ia kalah bersaing dengan Alberto Goncalves yang dipercaya sebagai penyerang utama. Dari tiga laga di fase grup yang ia mainkan, Dedik tercatat hanya bermain selama 12 menit tanpa gol dan assist. 

Dan kini Dedik harus bersaing memperebutkan tempat inti di lini depan dengan pemain-pemain seperti Ezra Walian, Kushedya Hari Yudo, dan Hanis Saghara.

(gigih imanadi darma/mag)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=GQpdHoX4zSI

Artikel Pilihan


Daun Media Network