Untuk Pertama Kalinya Sejak 2010, Cristiano Ronaldo Tak Masuk 5 Besar Ballon d'Or

"Apakah ini pertanda kemunduran performa Cristiano?"

Berita | 30 November 2021, 10:04
Untuk Pertama Kalinya Sejak 2010, Cristiano Ronaldo Tak Masuk 5 Besar Ballon d'Or

Libero.id - Penghargaan untuk pemain terbaik dunia atau biasa kita sebut Ballon d'Or telah usai diumumkan, pada Selasa (30/11/2021). Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang tampil paling apik di lapangan dan meraih berbagai gelar, baik bersama klub maupun timnas dalam waktu 1 tahun terakhir. Ya, untuk pertama kalinya sejak 2010, Cristiano Ronaldo tidak masuk 5 besar nominasi tersebut.

Hal ini terjadi, karena performa pemain berusia 36 tahun itu alami penurunan 1 tahun belakangan ini. Bersama Juventus, Cristiano hanya mampu raih gelar Coppa Italia. Sedangkan, di kompetisi domestik, pemain yang identik dengan nomor punggung 7 itu berhasil menjadi topskorer dengan 29 gol.

Sayangnya, prestasi individu itu tidak diiringi dengan prestasi klub. Si Nyonya Tua tampil terseok-seok musim lalu. Bahkan, La Zebra harus menunggu di detik-detik akhir untuk dapat masuk ke zona 4 besar. Sementara di ajang Champions League (UCL), La Vecchia Signora hanya sampai di babak 16 besar setelah disingkirkan FC Porto.

Jeblok bersama klub, Cristiano Ronaldo memiliki kesempatan lain bersama Timnas Portugal di Euro 2020. Namun, Selecao pun tak mampu berbicara banyak di ajang tersebut. Berstatus sebagai juara bertahan, Ronaldo dkk justru gugur di 16 besar usai takluk kala hadapi Belgia dengan skor 1-0. Di sisi lain, pemain MU itu sukses meraih sepatu emas setelah mengemas lima gol.

Tak hanya itu, performa Portugal di kualifikasi Piala Dunia 2022 pun sangat tidak memuaskan. Pasalnya, mereka kalah bersaing dengan Serbia di grup untuk dapat lolos otomatis ke Qatar. Hasil ini membuat tim besutan Fernando Santos harus berjuang lagi di babak Play Off. Di mana, Selecao bakal saling sikut dengan Turkey.

Ronaldo berada di urutan ke-6 daftar peraih Ballon d'Or dengan 178 poin. Ia harus rela penghargaan prestisius tersebut jatuh kepada rival abadinya, Lionel Messi. Pemain Manchester United itu telah 5 kali meraih Ballon d'Or yakni pada tahun; 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017. CR7 menjadi pemain kedua yang paling banyak angkat trofi tersebut setelah Lionel Messi.

(moch imam sholikhin/kw)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network