Selamat Ulang Tahun!

Bagaimana Proses Pemilihan Ballon d'Or? Ini Penjelasannya

"Tidak mudah untuk mendapatkan Ballon d'Or. Ada mekanisme yang harus ditempuh."

Analisis | 29 November 2021, 16:43
Bagaimana Proses Pemilihan Ballon d'Or? Ini Penjelasannya

Libero.id - Sesuai jadwal, Ballon d'Or akan diumumkan dalam sebuah perayaan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB. Ini adalah penghargaan tertinggi pesepakbola dunia yang hasilnya dinantikan banyak pemain kelas satu.

Sepakbola sebenarnya lebih banyak menampilkan kerjasama tim di lapangan. Tapi, bukan berarti memberi penghargaan kepada aktor-aktor yang terlibat tidak penting. Karena itu, Ballon d'Or hadir dengan menggunakan mekanisme pemilihan yang cukup demokratis berdasarkan voting menggunakan parameter-parameter obyektif. 

Bagaimana proses seleksi Ballon d'Or? Proses awal berlangsung dengan pemilihan 30 nama yang bersaing. Daftar 30 nama pemain itu disusun oleh tim editorial dari France Football. Itu adalah publikasi sepakbola mingguan Prancis yang merupakan salah satu media paling dihormati dalam permainan ini.

Setelah penyusunan daftar 30 nama, para juri berupa jurnalis yang mewakili dari berbagai negara sepakbola disatukan. Mereka kemudian akan diberikan tugas untuk memilih pemain yang mereka anggap layak untuk masuk 3 besar, yaitu peringkat pertama, kedua, dan ketiga.

Setelah juri dipilih, mereka kemudian akan memilih lima terbaik dari dalam daftar 30 pemain itu. Kemudian, dilanjutkan untuk memberi peringkat berdasarkan urutan prestasi mereka.

Dalam menentukan daftar tersebut, ada beberapa indikator yang harus diikuti juri untuk memilih dan memberi peringkat lima besar atas pilihan mereka. Sebut saja penampilan individu dan kolektif (pemenang) sepanjang tahun, kelas pemain (bakat dan fair play), serta penilaian keseluruhan dari karier pemain.

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

10 Potret Leah Monroe, Vlogger Cantik Kekasih Tammy Abraham

Pemain peringkat teratas dari pilihan masing-masing jurnalis akan menerima enam poin, dengan pemain peringkat kedua mendapatkan empat poin, lalu tiga, dua, dan satu turun dari sisa lima pilihan teratas mereka.

Lalu, bagaimana pemenang dipilih untuk Ballon d'Or? Setelah setiap anggota juri memilih lima pemain teratas pilihannya, total poin akan dihitung dan ditambahkan. Lalu, pemain yang menerima poin terbanyak otomatis keluar menjadi pemenang dan berhak diberikan penghargaan tertinggi itu (Balon d'Or).

Namun, apalagi terjadi jumlah poin sama untuk posisi pertama, para pemain ditentukan oleh berapa kali mereka dipilih di tempat pertama. Jika masih sama juga, maka tie-breaker akan mempertimbangkan jumlah suara untuk tempat kedua, dan kemudian dengan jumlah suara untuk tempat ketiga.

Jika masih berlanjut, maka pemungutan suara baru diatur untuk memilih pemenang diantara pemain yang memiliki poin sama tadi. Tapi, jika telah melalui semua proses di atas, seorang pemenang masih tidak dapat disebutkan namanya, maka direktur editorial France Football sebagai ketua juri akan membuat keputusan akhir.

Sampai sejauh ini, Messi telah memenangkan Ballon d'Or paling banyak dengan enam kali. Sementara saingan terdekatnya, Cristiano Ronaldo, telah memenangkan lima kali. Pemain Argentina itu menjadi pemain yang terakhir kali mendapat Ballon d'Or pada 2019, setelah empat tahun tanpa kemenangan. Sementara 2020  penghargaan ini tidak diadakan karena pandemi Covid-19.

(atmaja wijaya/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=S9ONOZzRnjU

Artikel Pilihan