Selamat Ulang Tahun!

Intip Profil NŠ Mura, Klub Slovenia Kelahiran 2012 yang Kalahkan Tottenham Hotspur

"Baru dibentuk 9 tahun yang lalu..."

Biografi | 26 November 2021, 09:12
Intip Profil NŠ Mura, Klub Slovenia Kelahiran 2012 yang Kalahkan Tottenham Hotspur

Libero.id - Secara mengejutkan Tottenham Hotspur kalah atas NŠ Mura, dalam matchday kelima Liga Konferensi Eropa.  Bertandang ke markas klub Slovenia itu, Spurs terpaksa menyerah dengan skor 1-2.
 
Laga yang berlangsung di Fazanerija Stadion, pada Jumat (26/11) dini hari WIB itu, tentu jadi sejarah tersendiri untuk Mura.

Lebih-lebih untuk dua pemain mereka yakni Tomi Horvit dan Amadej Marosa yang mencetak gol. Sementara Spurs hanya mampu membalas lewat Harry Kane. 

Nasib sepertinya memang lebih memihak klub yang stadion nya cuma berkapasitas 3.782 kursi itu. Pasalnya, Spurs harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 32 usai  Ryan Sessegnon mendapat kartu merah.

Dan kekalahan yang dialami tim asuhan Antonio Conte ini membuat peluang mereka ke babak selanjutnya harus tertunda. Spurs kini malah berada di posisi ketiga dengan capaian 7 angka. Hanya selisih gol dengan Vitesse yang menempati posisi kedua.

Pasca-pertandingan, Conte berbasa-basi, dengan mengatakan: "Setelah tiga minggu saya mulai memahami situasinya. Ini tidak sederhana. Saat ini level di Tottenham tidak begitu tinggi."

Profil NŠ Mura

Ketika Antonio Conte ditunjuk sebagai pelatih baru harapan langsung membuncah, dan beberapa laga Liga Premier  dilewati dengan kemenangan tetapi entah mengapa ketika dihadapkan klub kecil seperti NŠ Mura, Tottenham Hotspur seolah kehilangan sentuhan.

Pasca-pertandingan, Conte berbasa-basi, dengan mengatakan: "Setelah tiga minggu saya mulai memahami situasinya. Ini tidak sederhana. Saat ini level di Tottenham tidak begitu tinggi."

Lantas bagaimana latar belakang NR Mura, klub yang mungkin baru kali ini kita dengar namanya itu?

Secara historis, klub yang jadi lawan tanding Spurs adalah klub yang dibentuk sembilan tahun lalu, merujuk dari data Transfermarkt NŠ Mura dibentuk pada 2012. Pada mulanya klub ini bernama MD Mura 05, namun karena mengalami kesulitan keuangan harus dibubarkan

Memasuki musim 2012–13,  klub yang baru didirikan menggunakan klub pemudanya untuk mendaftar ke kompetisi dengan nama NŠ Mura.

Musim pertama NŠ Mura bermain adalah di MNL Murska Sobota (tingkat keempat), di mana mereka menempati posisi kedua dan mendapatkan promosi ke Liga Kasta Ketiga Slovenia . 

Pada musim 2016–17 dan 2017–18 , Mura mendapatkan promosi berturut-turut untuk mencapai papan atas sepak bola Slovenia untuk pertama kalinya. Pada 2018–19, klub tersebut finis keempat di PrvaLiga dan lolos ke Liga Eropa UEFA, kompetisi Eropa pertama mereka.

Pada 2020–21 , Mura memenangkan gelar liga nasional Slovenia pertamanya setelah mengalahkan Maribor 3–1 di babak final musim ini dan selesai dengan jumlah poin yang sama dengan Maribor, tetapi dengan rekor head-to-head yang lebih baik.

Pada 26 Agustus 2021, Mura membuat sejarah emas dengan lolos ke babak grup kompetisi klub Eropa pertama mereka.

Padahal klub yang terletak  di timur laut Slovenia itu hanya memiliki populasi 11.000 jiwa, tapi prestasi mereka bisa sedemikian cepat melejit, menarik untuk menantikan kiprah NŠ Mura dipanggung Eropa.

(gigih imanadi darma/gie)




Hasil Pertandingan NS Mura

29-07-2021
PFK Ludogorets 1945 Razgrad 3 - 1 NŠ Mura
22-07-2021
NŠ Mura 0 - 0 PFK Ludogorets 1945 Razgrad
14-07-2021
NŠ Mura 5 - 0 KF Shkëndija 79
Klasemen Sementara Sepakbola

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan